Setiawan, Felix Hendi Afian (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KETERTARIKAN PADA ELEMEN-ELEMEN IKLAN TELEVISI DENGAN BRAND KNOWLEDGE (Studi Eksplanatif Hubungan antara Tingkat Ketertarikan pada Elemen-Eleme Iklan Televisi Yamaha Mio J Versi ‘1000% Joyful’ dengan Pengetahuan Merek (Brand Knowledge) Yamaha Mio J di Kalangan Pelajar SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03517.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03517.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03517.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03517.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03517.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat ketertarikan pada elemen-elemen iklan televisi Yamaha Mio J versi ‘1000% Joyful’ dengan pengetahuan merek (brand knowledge) Yamaha Mio J di kalangan pelajar SMP yang ada di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan yaitu teori mengenai komunikasi pemasaran, teori stimulus-response, teori mengenai merek (brand) teori mengenai iklan televisi dan teori mengenai elemen elemen iklan televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif (kuantitatif). Pengambilan sampel populasi dilakukan dengan metode one-stage cluster sampling. Jumlah SMP yang dipilih secara acak dalam penelitian ini adalah 9 SMP, kemudian peneliti mengambil sampel 10 orang pelajar dari masing-masing SMP yang telah dipilih secara cak tersebut. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada seluruh responden untuk kemudian diisi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui data-data yang terdapat di dalam website dan hasil wawancara dengan bantuan teknologi informasi. Metode pengukuran data dilakukan dengan menggunakan skala guttman. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis eksplanatif, distribusi frekuensi, tabulasi silang, uji cochran dan analisis korelasi Pearson. Nilai koefisien korelasi yang didapat melalui uji korelasi antara variabel tingkat ketertarikan pada elemen-elemen iklan televisi Yamaha Mio J versi ‘1000% Joyful’ dengan brand knowledge Yamaha Mio J dalam penelitian ini bertanda positif. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian ini merujuk pada “semakin tinggi tingkat ketertarikan pada elemen-elemen iklan televisi Yamaha Mio J maka semakin tinggi pula pengetahuan merek Yamaha Mio J yang dimiliki” atau “semakin rendah tingkat ketertarikan pada elemen-elemen iklan televisi Yamaha Mio J maka semakin rendah pengetahuan merek Yamaha Mio J yang dimiliki.” Berdasarkan hasil uji korelasi juga terbukti bahwa variabel tingkat ketertarikan pada elemen-elemen iklan televisi Yamaha Mio J versi ‘1000% Joyful’ memiliki hubungan yang positif terhadap brand knowledge (pengetahuan merek) Yamaha Mio J karena dari hasil perhitungan didapatkan nilai koefisien korelasi r sebesar 0,561. Dari hasil tersebut terlihat bahwa nilai r > rtabel karena nilai rtabel dengan N=90 adalah sebesar 0,207. Hasil uji korelasi tersebut juga menunjukkan bahwa korelasi kedua variabel dalam penelitian ini masuk ke dalam kategori hubungan yang sedang sebab nilai koefisien korelasinya sebesar 0,561 (0,500 ≤ r < 0,800).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | korelasi, tingkat ketertarikan, elemen iklan televisi, brand knowledge, pengetahuan merek |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 10:46 |
Last Modified: | 01 May 2013 09:24 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/289 |
Actions (login required)
View Item |