PERKAMPUNGAN MODERN DAN FASILITAS PERTANIAN URBAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK DI KAWASAN CIVIC CENTER AEROTROPOLIS BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA DI KABUPATEN KULON PROGO

LAY, FEBRIAN ALEXANDER (2020) PERKAMPUNGAN MODERN DAN FASILITAS PERTANIAN URBAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOKLIMATIK DI KAWASAN CIVIC CENTER AEROTROPOLIS BANDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FEBRIAN ALEXANDER LAY)
160116379 0.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116379 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116379 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116379 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116379 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
160116379 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
160116379 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan YIA di Kabupaten Kulon Progo diikuti oleh pengembangan Aerotropolis. Dengan adanya pembangunan aerotropolis, terdapat 299 KK eksisting yang berprofesi sebagai petani akan dipindahkan ke pusat kota Aerotropolis, Civic Center. Kondisi ini diperparah dengan penggunaan lahan pertanian sebagai tapak Aerotropolis sehingga para petani di Desa Janten dan Kebon Rejo terancam kehilangan pekerjaan. Metode yang digunakan adalah dengan observasi dengan pengamatan langsung dan wawancara kepada pihak terkait. Studi literatur juga digunakan untuk membantu identifikasi dan analisis aspek-aspek perencanaan dan perancangan sehingga dapat dihasilkan sebuah konsep perencanaan dan perancangan Perkampungan Modern dan Fasilitas Pertanian Urban dengan Pendekatan Arsitektur Bioklimatik di Kawasan Civic Center Aerotropolis Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan hunian baru dengan fasilitas pertanian yang terintegrasi sehingga para petani yang direlokasi dapat melakukan kegiatan pertanian di pusat perkotaan modern Civic Center. Bangunan direncanakan bertajuk perkampungan modern, sehingga gaya hidup perkampungan dapat diselaraskan dengan kehidupan perkotaan modern Civic Center. Bangunan direncanakan mendukung konsep besar Agro Aerotropolis dengan menggunakan konsep pengolahan lanskap edible landscape. Sebagai bangunan campuran dengan fungsi hunian dan pertanian, iklim sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni serta pertumbuhan tanaman. Oleh sebab itu, hunian direncanakan pada blok permukiman menengah kebawah seluas 5,26 hektar dengan menggunakan pendekatan arsitektur bioklimatik. Pendekatan arsitkektur bioklimatik diterapkan pada pengolahan massa, bukaan, material, dan detail arsitektural lainnya sehingga menghadirkan hunian yang nyaman secara termal, visual, hemat energi dan produktif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aerotropolis, perkampungan, modern, hunian, pertanian, bioklimatik
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 04 May 2023 20:36
Last Modified: 04 May 2023 20:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28906

Actions (login required)

View Item View Item