CONTEMPORARY ART GALLERY DI KECAMATAN KASIHAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Lakshobintoro, Angelina Anneke Jonathan Siahilan (2020) CONTEMPORARY ART GALLERY DI KECAMATAN KASIHAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Angelina Anneke Jonathan Siahilan L)
160116448_Bab 0.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116448_Bab 1.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116448_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116448_Bab 3.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text
160116448_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160116448_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
160116448_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta terletak pada simpul strategis kota-kota di Jawa Tengah. Keberadaannya sangat erat kaitan sejarahnya dengan keberadaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat saat ini. Pada hakekatnya, sebuah seni tumbuh dan berkembang dari lingkungan kerajaan ke daerah disekitarnya. Sebagai daerah yang dahulunya merupakan suatu kerajaan besar, maka Yogyakarta memiliki kesenian tinggi dan bahkan bisa dikatakan Yogyakarta merupakan salah satu daerah sebagai pusat pengembangan seni mulai dari tradisional hingga kontemporer. Dari berbagai macam seni, munculnya banyak seniman dengan aliran seni kontemporer di Yogyakarta dengan hasil karya mendunia patut untuk diapresiasi dan dinikmati masyarakat awam. Seni kontemporer sendiri merupakan seni dengan karakter dinamis menyesuaikan isu dan kondisi saat ini yang relevan di masyarakat. Di Yogyakarta sudah terdapat fasilitas-fasilitas galeri seni atau tempat pertunjukan untuk memamerkan hasil karya seni kontemporer yang diolah secara perorangan atau komunitas. Sehingga, seni kontemporer menjadi eksklusif dan seniman hanya dikenal oleh kalangan sendiri. Dilain sisi seniman membutuhkan sarana akan eksistensi karyanya dengan apresiasi via pemasaran karya. Kurang dikenalnya seni kontemporer di Yogyakarta diakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat akan dunia seni mengakibatkan butuhnya sarana berkesenian kontemporer yang terbuka bagi publik. Contemporary Art Gallery di Kecamatan Kasihan Bantul yang menggunakan pendekatan Arsitektur Kontemporer diharapkan dapat menjadi wadah bagi seniman dengan lingkup yang lebih luas. Contemporary Art Gallery tak hanya diperuntukkan bagi seniman maestro, namun dengan menghadirkan seniman-seniman baru supaya dapat disorot dunia luar dengan tata ruang dalam yang fleksibel mengakomodasi konten pameran seni rupa kontemporer yang terus berganti. Bangunan Contemporary Art Gallery dengan pengolahan bentuk dan tata ruang dalam nantinya dapat menjadi salah satu bangunan interaktif dan ekspresif yang menjadi identitas dari kampung seniman yang ada di Kecamatan Kasihan, Bantul. Dengan demikian, Contemporary Art Galery dapat hadir sebagai ruang pemasaran, apresiasi dan edukasi seni rupa kontemporer di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: seni, Yogyakarta, seni kontemporer, museum, dinamis, ruang etalase, interaksi, ekspresi, edukasi, rekreasi
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 May 2023 21:41
Last Modified: 04 May 2023 21:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28909

Actions (login required)

View Item View Item