PERANCANGAN PRODUK UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA UKM X PASCA PANDEMI COVID-19

Dharmajaya, Adi (2023) PERANCANGAN PRODUK UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA UKM X PASCA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Adi Dharmajaya)
160608795_Bab 0.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160608795_Bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160608795_Bab 2.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160608795_Bab 3.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text
160608795_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
160608795_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
160608795_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160608795_Bab 7.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan fenomena langka yang berdampak negatif ke sektor ekonomi baik mikro maupun makro. Kondisi Pandemi COVID-19 membuat banyak tempat usaha tutup karena minimnya penjualan. Minimnya penjualan di tempat usaha akan berdampak ke menurunnya omzet usaha yang akan kembali berdampak ke kegiatan usaha lainnya. UKM X memiliki permasalahan penurunan penjualan yang berdampak dikuranginya tenaga kerja yang membuat variasi produk akhir yang ditawarkan menjadi terbatas. Dengan keterbatasan tenaga kerja maka pilihan produk yang ditawarkan harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan agar tercapai kondisi yang efektif. Untuk mengatasi permasalahan perbedaan minat pelanggan dengan produk yang ditawarkan di UKM X, akan digunakan penggabungan dari Riset Pasar dan Perancangan Produk. Metode yang akan digunakan di dalam penelitian ini antara lain Kuesioner, Quality Function Deployment, Perancangan Produk metode rasional dengan dasar Voice of Customer untuk selanjutnya dilakukan perancangan produk melalui Computer Aided Design. Hasil dari Computer Aided Design akan di test kesesuaiannya dengan tujuan penelitian dengan tahap pembuatan prototype. Analisis dalam proses pembuatan prototype memiliki kesimpulan bahwa dalam tahap pembuatan dapat dimanfaatkan inventori mesin dan tenaga kerja yang sudah ada sehingga tidak perlu dilakukan penambahan. Sementara hasil dari penyebaran dokumentasi prototype ke para product expert di Kota Yogyakarta memiliki kesimpulan bahwa produk dapat diterima pasar dengan baik dengan tingkat ketertarikan 92,13%. Maka dari itu tujuan penelitian yang diukur menggunakan Critical Success Factor sudah tercapai dan rancangan produk layak untuk diproduksi oleh UKM X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penurunan penjualan, Voice Of Customer, Quality Function Deployment, Perancangan produk rasional, Computer Aided Design.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Jun 2023 21:18
Last Modified: 07 Jun 2023 21:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item