Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan-Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta

Silalahi, Elvayana Meilia (2023) Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan-Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Elvayana Meilia Silalahi)
190513419_Bab 0.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513419_Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
190513419_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img]
Preview
Text
190513419_Bab 3.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Kekerasan seksual merupakan kejahatan kemanusiaan karena dalam kejahatan ini telah merusak harkat dan martabat kemanusiaan korbannya, di Indonesia kasus kekerasan seksual mengalami peningkatan setiap tahunnya, yang paling rentan menjadi korban kekerasan seksual adalah anak-anak dibawah umur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pencegahan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta dalam mengatasi kasus kekerasan seksual terhadap anak serta kendala-kendala yang dialami dalam melaksanakan upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap anak. Penelitian ini bersifat empiris. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta adalah dengan melakukan sosialisasi di sekolah maupun melalui media sosial. Kedua, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta mengalami dua kendala secara internal yang menghambat pelaksanaan upaya pencegahan kekerasan seksual yaitu, a) Optimalisasi dari jejaring yang ada kadang belum bersinergi secara maksimal. Masih berjalan pada program masing-masing, belum yang satu tujuan; b) Terkendala pada tatakala waktu untuk pelaksanaan.; adapun kendala secara eksternal disebabkan oleh, a) kebebasan penggunaan gadget anak tanpa pengawasan orang tua; b) belum optimalnya 8 fungsi keluarga; c) faktor keteladanan orang tua yang belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Anak, Korban, Kekerasan Seksual Anak.
Subjects: Ilmu Hukum > Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Jun 2023 16:58
Last Modified: 30 Jun 2023 16:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29197

Actions (login required)

View Item View Item