PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KESENIAN WAYANG KULIT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER DI KABUPATEN KULON PROGO

Kusuma, Valentino Lionel Cendana (2020) PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KESENIAN WAYANG KULIT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Valentino Lionel Cendana Kusuma)
160116584_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116584_Bab 1.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116584_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116584_Bab 3.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] Text
160116584_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
160116584_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160116584_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wayang Kulit merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia yang tak Ternilai, dimana harus terus dikembangkan dan dilestarikan. Di kabupaten Kulon Progo, terdapat cukup banyak pelaku kesenian wayang kulit yang masih berkiprah. Namun sayangnya, tidak terdapat wadah bagi para pelaku kesenian untuk berlatih dan mengembangkan kemampuannya. Parahnya lagi di era sekarang ini, para generasi muda justru lebih lebih tertarik dengan budaya luar dan kurang mengenal budayanya sendiri, khususnya kesenian wayang kulit. Permasalahan yang didapatkan ialah bagaimana wujud rancangan Pusat Pelatihan dan Pengembangan kesenian wayang kulit di Kulon Progo melalui pendekatan arsitektur kontemporer yang komunikatif dan dinamis yang dapat diterima di semua umur dan kalangan dengan desain tata ruang dalam dan luar yang terbentuk? Maka dari itu, perlu adanya sebuah pengolahan pada ruang dalam dan ruang dengan elemen arsitektural kontemporer yang menunjukkan sifat kedinamisan dan komunikatif pada bangunan pusat pelatihan dan pengembangan kesenian wayang kulit ini. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara langsung dengan narasumber-narasumber yang terkait. Selain itu juga observasi dalam bentuk studi literatur yang terkait juga digunakan guna membantu dalam proses analisis dari beberapa aspek yang terkait sehingga dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada khususnya dalam sebuah fungsi bangunan sebagai museum dan sanggar. Melalui adanya Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kesenian Wayang Kulit ini diharapkan pelaku kesenian wayang kulit dapat terfasilitasi untuk mengembangkan kemampuannya, dan juga para masyrakat awam dapat tertarik untuk mempelajari dan ikut turut mengembangkan kesenian wayang kulit, khususnya di Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Pelatihan dan Pengembangan, Wayang Kulit, Kontemporer, Museum, Sanggar
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 10 Jul 2023 17:56
Last Modified: 10 Jul 2023 17:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29286

Actions (login required)

View Item View Item