KAWASAN RESORT DI KECAMATAN KRUI SELATAN, KABUPATEN PESISIR BARAT, LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR

Winata, Johan Marta (2021) KAWASAN RESORT DI KECAMATAN KRUI SELATAN, KABUPATEN PESISIR BARAT, LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Johan Marta Winata)
160116663_Bab 0.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116663_Bab 1.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116663_Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160116663_Bab 3.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
160116663_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160116663_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
160116663_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Pesisir Barat merupakan kabupaten termuda di provinsi Lampung yang memiliki banyak objek wisata, terutama wisata alamnya. Beberapa objek wisata pada daerah kabupaten Pesisir Barat sudah dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga tidak diragukan lagi keindahan objek wisatanya, terutama pada pesisir pantai. Banyaknya objek wisata serta wisatawan yang berkunjung tidak sebanding dengan fasilitas dan akomodasi wisatanya. Akomodasi yang tersedia pada daerah wisata merupakan fasilitas standar yang dikembangkan oleh warga sekitar dalam mencari nafkah. Saat ini, ketertarikan dan kebutuhan penginapan dengan fasilitas berbintang lebih tinggi daripada non-berbintang. Selain itu, kebutuhan fasilitas pada pengembangan fasilitas pariwisata, seperti pusat oleh-oleh dan jasa wisata juga kurang sehingga wisatawan kurang mengenal potensi daerah, ciri khas, dan kondisi lingkungan dari kabupaten Pesisir Barat. Maka, wadah yang dibutuhkan untuk meningkatkan pariwisata adalah Kawasan Resort. Pembangunan Kawasan Resort di pesisir pantai ini berisikan akomodasi wisata seperti penginapan dengan fasilitas hotel berbintang serta berisikan beberapa fasilitas pariwisata, seperti toko oleh-oleh dan jasa wisata. Dengan pembangunan Kawasan Resort, diharapkan persebaran wisatawan di kabupaten Pesisir Barat merata dan tidak terpusat pada satu atau dua lokasi saja, sedangkan potensi wisata yang dimiliki Pesisir Barat tersebar di berbagai daerah. Dengan berkembangnya jaman, budaya lokal menjadi banyak yang tertinggal sehingga Kawasan Resort kali ini dikemas melalui pendekatan Neo-Vernakular. Melalui pendekatan ini, diharapkan wisatawan menjadi lebih mengenal suasana dan kebudayaan lokal milik kabupaten Pesisir Barat yang dibantu oleh warga lokal dalam pencapaiannya. Selain itu, Kawasan Resort dirancang dengan sifat rekreatif melalui pengolahan tata ruang luar dan tata ruang dalam sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung dan bersantai menikmati suasana pesisir pantai serta menikmati potensi wisata lainnya yang berada di kabupaten Pesisir Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kawasan, Resort, Neo-Vernakular, Rekreatif, Tata Ruang Dalam, Tata Ruang Luar, Pariwisata, Pesisir Pantai, Kabupaten Pesisir Barat.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Jul 2023 20:23
Last Modified: 11 Jul 2023 20:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item View Item