PEMBERIAN ASIMILASI RUMAH KEPADA WARGA BINAAN GUNA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B SLEMAN

Hutomo, Alma Widya Arista (2023) PEMBERIAN ASIMILASI RUMAH KEPADA WARGA BINAAN GUNA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B SLEMAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alma Widya Arista Hutomo)
190513504 0.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513504 1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
190513504 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
190513504 3.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Asimilasi yang dilakukan dalam rangka menanggulangi dan mencegah penyebaran virus Covid-19 dilakukan dengan mengembalikan Narapidana ke rumah dengan tetap melakukan bimbingan dan pengawasan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas). Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 32 Tahun 2020 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, pelaksanaan asimilasi yang dilakukan di rumah memerlukan syarat yang cukup ketat dan harus diikuti oleh Narapidana. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini berdasarkan tujuan penelitian penelitian hukum normatif yang memfokuskan pada data sekunder yang digunakan untuk meneliti dengan cara mengkaji peraturan-peraturan dan bahan bacaan serta wawancara dengan narasumber yang memiliki korelasi dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah pentingnya kebijakan yang dikeluarkan Kemneterian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengenai Asimilasi rumah ini dilaksanakan guna menanggulangi dan mencegah penyebaran virus covid-19. Berdasarkan hasil dari penelitian dan analisis di atas, kesimpulan yang dapat diambil adalah program asimilasi rumah yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia guna menanggulangi dan mencegah penyebaran virus Covid-19, sudah berjalan dan dilaksanakan cukup baik. Dilihat dari peningkatan pemberian Asimilasi rumah kepada Narapidana yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sleman dan tidak adanya tindakan pengulangan kejahatan ataupun Narapidana yang membuat kerusuhan setelah mendapatkan Asimilasi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Asimilasi, Covid-19, Narapidana, Penologi
Subjects: Ilmu Hukum > Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 14 Aug 2023 20:43
Last Modified: 14 Aug 2023 20:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29469

Actions (login required)

View Item View Item