PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER PADA PERAN KETERLIBATAN EMOSIONAL DAN NILAI INFORMASI TERHADAP NIAT BELI PRODUK YANG DIREKOMENDASIKAN (Studi Pada Produk Somethinc)

Juniarty, , (2023) PENGARUH SOSIAL MEDIA INFLUENCER PADA PERAN KETERLIBATAN EMOSIONAL DAN NILAI INFORMASI TERHADAP NIAT BELI PRODUK YANG DIREKOMENDASIKAN (Studi Pada Produk Somethinc). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Juniarty)
19 03 24973 0.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 03 24973 1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 03 24973 2.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
19 03 24973 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
19 03 24973 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
19 03 24973 5.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada era digital saat ini, influencer media sosial menjadi salah satu strategi komunikasi brand yang digunakan oleh perusahan-perusahaan untuk memasarkan produk secara online (daring), Namun, masih terdapat beberapa pertanyaan mengenai faktor-faktor yang menentukan kekuatan pengaruh influencers dan bagaimana pengaruh ini dapat mempengaruhi perilaku pengikut. Penelitian ini menguji peran keterikatan emosional dan nilai informasi yang dirasakan oleh pengikut terhadap proses pengaruh yang dipersepsikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pengaruh tersebut membangun niat perilaku pengikut terhadap produk Somethinc yang direkomendasikan oleh influencer produk Somethinc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut, yaitu keterikatan emosional dan nilai informasi memainkan peran penting dalam menentukan pengaruh yang dipersepsikan oleh pengikut. Pengaruh ini kemudian berdampak pada niat pengikut terhadap komunikasi WOM (word-of-mouth) dan niat pembelian produk yang direkomendasikan. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa komunikasi WOM yang positif berperan sebagai mediator dalam hubungan antara pengaruh yang dipersepsikan pengikut dengan niat membeli yang direkomendasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, sehingga data yang diperoleh merupakan data primer. Data yang terkumpul tersebut diolah menggunakan alat analisis statistik yaitu SmartPLS 4.0.9.3. Studi ini memberikan pemahaman mengenai efek kekuatan persuasif influencer media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: influencer sosial media, keterikatan emosional, nilai informasi, pengaruh yang dipersepsikan, WOM (word-of-mouth), dan niat beli.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 25 Aug 2023 18:09
Last Modified: 25 Aug 2023 18:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29593

Actions (login required)

View Item View Item