PENGUATAN IDENTITAS PERUSAHAAN SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN CITRA (Studi Kasus pada The House of Raminten Kota Baru Yogyakarta dalamMembentuk Citra Tradisional Modern)

Puspitasari, Harlindha (2013) PENGUATAN IDENTITAS PERUSAHAAN SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN CITRA (Studi Kasus pada The House of Raminten Kota Baru Yogyakarta dalamMembentuk Citra Tradisional Modern). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03595.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03595.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03595.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03595.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03595.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya kuliner semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Untuk membedakan perusahaan yang satu dengan yang lainnya, Perusahaan tersebut harus menginterpretasikan sesuatu yang unik dan khas sehingga bias membuat publik bisa membedakan antara perusahaan satu dengan yang lain. Raminten yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kuliner khususnya kafe hadir dengan konsep yang memiliki ciri khas tersendiri. Keunikannya terjadi dimana The House of Raminten mengkombinasikan konsep jawa dan modern dalam mengusung citra tradsional modern. Konsep tradisional modern yang diusung oleh The House of Raminten merupakan bentuk identitas perusahaan. Identitas perusahaan tersebut terlihat dari simbol-simbol secara visual, seperti gaya bangunan dan interior, atribut seragam, aksesoris yang menunjang, hingga pelayanan. Unsur budaya dipilih karena pada saat ini banyak perusahaan jasa khususnya kafe jarang menyajikan sesuatu yang berbau tradisional khususnya mengangkat tradisi budaya sendiri. Selain melestarikan budaya jawa melalui tradisi budaya Jawa yang telah melekat sebelumnya. penambahan konsep modern yang ada pada Raminten berguna untuk memudahkan pengunjung untuk lebih mengenal dan memahami karakteristik mereka terutama dalam memberikan kesan yang mendalam kepada pengunjung. Identitas perusahaan yang dimiliki olehThe House of Raminten diajukan sebagai tujuan dalam membentuk citra sebagai kafe tradisional modern. Untuk menunjang pembentukan keduanya, manajemen melakukan strategi khusunya strategi pembentukan citra melalui identitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori dasar mengenai membentuk identitas perusahaan, citra perusahaan dan strategi pada umumnya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus mengenai strategi pembentukan citra yang dilakukan The House of Raminten dalam membentuk citra sebagai kafe tradisional modern. Strategi yang dilakukan oleh The House of Ramintem ialah menguatkan identitas perusahaan sebagai langkah untuk membentuk citra.Hal ini terkait dengan penentuan visi misi, tujuan, target khalayak, perencanaan, hingga monitoring. Strategi yang dilakukan oleh The House of Raminten dilakukan guna menjadikan diri sebagai kafe tradisional namun bertaraf bintang lima. Hal tersebutd irealisasikan melalui upaya pelaksanaan strategi yang sudahdi rencanakan dan menjadi kontinuitas untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identitas Perusahaan, Citra, Strategi Pembentukan Citra, dan Tradisional Modern
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 11:05
Last Modified: 01 May 2013 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item