KUALITAS RELASI ANTARA JAMBULUWUK MALIOBORO HOTEL DENGAN KOMUNITAS LOKAL PURWOKINANTI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Hubungan Komunitas Berdasarkan Konsep Organizations Public Relationships)

SANDINSA, GABRIELLA PRITA (2023) KUALITAS RELASI ANTARA JAMBULUWUK MALIOBORO HOTEL DENGAN KOMUNITAS LOKAL PURWOKINANTI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Hubungan Komunitas Berdasarkan Konsep Organizations Public Relationships). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GABRIELLA PRITA SANDINSA)
160905953 0.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905953 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905953 2.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
160905953 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
160905953 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

LM merupakan hotel dengan fasilitas bintang empat yang terletak di wilayah Kampung Purwokinanti. Wilayah Kampung Purwokinanti merupakan lokasi strategis karena terletak di pusat kota Yogyakarta. Letaknya yang berada di tengah masyarakat Purwokinanti mengharuskan hotel memiliki relasi yang baik dengan lingkungannya. Untuk membangun relasi yang baik dengan lingkungannya, hotel JLM memiliki beberapa program kerja yang dikhususkan untuk komunitas lokal. Saat ini hubungan hotel dengan lingkungan sekitar berjalan dengan baik namun membutuhkan evaluasi untuk mengetahui kualitas relasi antara kedua belah pihak. Penelitian ini mengacu pada konsep Organizations Public Relationships atau OPR untuk mengetahui outcomes berupa kualitas dan jenis relasi dari organisasi dan komunitas lokal. Kualitas relasi terbentuk dari empat aspek yaitu control mutuality, trust, commitment dan satisfaction. Outcomes lainnya berupa jenis relasi yaitu exchange relationships dan communal relationships. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode indepth interview demi mendapatkan data yang detail dan mendalam. Metode lain yang digunakan adalah kajian pustaka dari website Jambuluwuk Malioboro Hotel dan Kelurahan Purwokinanti untuk mendapatkan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis relasi antara JLM dan komunitas lokal adalah exchange relationship dimana kedua belah pihak di dalam relasi tersebut terdapat pertukaran untuk memenuhi kepentingan dan mendapatkan keuntungan. Keempat aspek OPR pun sudah terpenuhi tetapi belum maksimal. Hal yang membuat kualitas relasi belum maksimal adalah adanya perbedaan perlakuan dan aktivitas hubungan komunitas pada kelompok wilayah yang jauh dari bangunan hotel dan jarang berinteraksi dengan pihak hotel. Selain itu juga ditemukan beberapa hal baru di luar keempat aspek tersebut yang turut menjadi faktor pendukung kualitas relasi seperti aspek komunikasi yang baik, aspek ekonomi, dan keterlibatan hotel dengan kegiatan komunitas lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas relasi, Jenis relasi, Organizations Public Relationships, Komunitas lokal
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Aug 2023 20:54
Last Modified: 29 Aug 2023 20:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29647

Actions (login required)

View Item View Item