PENGARUH TERPAAN ANIME HAIKYU!! TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU ASICS

RAHARDINI, ANINDITA (2023) PENGARUH TERPAAN ANIME HAIKYU!! TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU ASICS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANINDITA RAHARDINI)
170906250 0.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906250 1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906250 2.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
170906250 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
170906250 4.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Industri anime di tengah pandemi Covid-19 menjadi industri hiburan yang stabil, bahkan memperoleh keuntungan sebesar 68.5 miliar Yen. Anime menjadi produk unggulan Jepang, namun hanya 20% orang yang memiliki kesan baik. Di Indonesia, anime dianggap sebagai ancaman bagi bahasa dan sastra. Meskipun begitu, penggunaan anime sebagai media iklan tetap diminati oleh pengiklan dengan harapan brand tetap terlihat relevan bagi anak muda. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan anime Haikyu!! terhadap keputusan pembelian sepatu ASICS. Peneliti berfokus pada aspek penempatan merek dalam bentuk parodi sebagai salah satu sarana beriklan dengan menggunakan anime. Teori stimulus organisme respon, terpaan media, dan keputusan pembelian menjadi teori yang digunakan untuk mendukung analisis penelitian ini. Peneliti menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebarkan secara daring melalui Google Form. Dari total populasi pengikut akun Twitter @haikyuufess, penguji mendapatkan 100 responden yang sesuai dengan kriteria melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terpaan anime Haikyu!! berpengaruh positif sebesar 13,7% terhadap keputusan pembelian sepatu ASICS, sedangkan 86,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Lebih dari 50% responden menyadari adanya parodi merek ASICS dan 76% di antaranya merasa butuh menggunakan ASICS setelah menonton Haikyu!!. Hal ini menunjukkan bahwa penempatan merek dalam bentuk parodi tidak hanya meningkatkan brand awareness. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terpaan anime Haikyu!! berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu ASICS oleh fans.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Anime, Penempatan Produk, Parodi, Keputusan Pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 05 Sep 2023 20:56
Last Modified: 05 Sep 2023 20:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item View Item