LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT REKREASI DAN PENGENALAN PROFESI ANAK DI YOGYAKARTA

NURZURAICHA, DISKA (2009) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT REKREASI DAN PENGENALAN PROFESI ANAK DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA12114.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA12114.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TA12114.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TA12114.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA12114.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
5TA12114.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perlunya wadah rekreasi berbasis edukasi bagi anak di Yogyakarta melahirkan pengadaan proyek Pusat Rekreasi dan Pengenalan Profesi. Sarana rekreasi dan pengenalan profesi bagi anak-anak merupakan wahana bermain bagi anak-anak yang berusia 6-13 tahun, dimana anak-anak dapat menjadi polisi, dokter, petugas pemadam kebakaran, maupun montir sesuai yang anak-anak cita-citakan. Dalam pusat rekreasi ini anak-anak bermain sesuai pekerjaan yang dipilih, kemudian anak-anak memakai seragam sesuai profesi yang dipilih kemudian anak-anak akan mengerjakan pekerjaan yang dipilih selama 3 jam yang dibantu oleh staff pengajar yang membantu anak-anak dalam menekuni usaha yang dipilih. Pusat rekreasi dan Edukasi memiliki 8 kelas yaitu, kelas arsitek, polisi, dokter, pemadam kebakaran, salon, supermarket, teater, seni lukis dan bengkel. Setiap kelas memiliki kapasitas 15 orang anak. Selain permainan di dalam kelas, jika memungkinkan, anak-anak dapat mempraktekkannya di luar ruangan, disediakan panggung kecil bagi anak teater yang pentas diluar ruangan. Anak-anak diharapkan mempelajari berbagai profesi sesuai dengan prosedur kerja pada umumnya diselingi permainan dan tata ruang dalam yang menyesuaikan dengan pendekatan psikologi anak. Konsep yang digunakan pada Pusat Rekreasi dan Pengenalan Profesi ini adalah bentuk eksterior dan interior yang menggunakan warna, bentuk, tekstur dan skala ruangan yang disesuaikan dengan arti berdasarkan kesan rekreatif dan psikologi anak. Selain permainan profesi, terdapat fasilitas pendukung yaitu café, yang dapat difungsikan sebagai tempat orang tua menunggu anak-anak bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jul 2013 13:14
Last Modified: 11 Jul 2013 13:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item