PENERAPAN KOMUNIKASI BENCANA OLEH RADIO KOMUNITAS DALAM PENANGANAN BENCANA (Studi Kasus Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru oleh Radio Darurat Semeru)

Parhusip, Riski Mario Johannes (2023) PENERAPAN KOMUNIKASI BENCANA OLEH RADIO KOMUNITAS DALAM PENANGANAN BENCANA (Studi Kasus Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru oleh Radio Darurat Semeru). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Riski Mario Johannes Parhusip)
195503140_Bab 0.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195503140_Bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195503140_Bab 2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
195503140_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
195503140_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text
195503140_Bab 5.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Akses informasi merupakan hal penting yang harus disediakan, khususnya pada saat bencana alam terjadi. Informasi yang cepat dan akurat dapat membantu masyarakat dalam menentukan tindakan di lapangan pada suatu wilayah bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan komunikasi bencana oleh radio darurat sebagai langkah dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada tahun 2021 lalu. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan teori komunikasi bencana dan radio agar dapat melihat peranan radio darurat dalam penanggulangan bencana di Gunung Semeru, Lumajang, Indonesia. Dengan menggunakan studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran radio darurat pada masa tanggap darurat hingga ke pemulihan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan paradigma positivisme untuk membantu peneliti dalam memandang permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa selama masa penanggulangan bencana, RADAR Semeru sebagai radio darurat yang didirikan oleh Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menyiarkan informasi terkini yang sedang terjadi di wilayah tersebut. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi hak dasar masyarakat atas informasi serta sebagai langkah untuk mendukung percepatan masa pemulihan yang terjadi di lokasi. Partisipasi dari berbagai pihak dan masyarakat berperan penting pada proses pendiriannya. Karena tanpa berkolaborasi dengan pihak-pihak tersebut, radio darurat tidak akan dapat berjalan sesuai denga napa yang diharapkan. Ketika program pendirian radio darurat berakhir, JRKI berupaya agar tetap dapat berkontribusi dengan cara menyerahkan radio tersebut kepada warga lokal untuk dikelola sebagai radio komunitas. Melalui tindakan tersebut, mereka berharap radio komunitas itu dapat konsen di bidang kebencanaan sehingga dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dan membangun kesadaran masyarakat akan bahaya di daerah rawan bencana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunikasi bencana, komunikasi partisipatif, radio darurat.
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Sep 2023 16:37
Last Modified: 07 Sep 2023 16:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29791

Actions (login required)

View Item View Item