ANALISIS DAMPAK PENERAPAN CONTRA FLOW PADA SEMI PEDESTRIAN MALIOBORO TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN DI KAWASAN MALIOBORO DAN SEKITARNYA

Putro, Agha Perdana (2023) ANALISIS DAMPAK PENERAPAN CONTRA FLOW PADA SEMI PEDESTRIAN MALIOBORO TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN DI KAWASAN MALIOBORO DAN SEKITARNYA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Agha Perdana Putro)
195103070_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
195103070_Bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195103070_Bab 2.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
195103070_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
195103070_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
195103070_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
195103070_Bab 6.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Kawasan Sumbu Filosofi pada saat ini dalam prsoses menjadi “World Heritage” ke Badan Dunia UNESCO untuk menjadi bagian dari Keistimewaan Yogyakarta. Dalam mendukung Kota Yogyakarta atau sumbu filosofis menjadi salah satu “World Heritage” yaitu dengan penataan transportasi di kawasan tersebut melalui penerapan Semi Pedestrian Malioboro. Dimana ruas Jalan Malioboro yang semula dapat dilalui oleh berbagai moda transportasi darat, kedepan hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, pesepeda, angkutan umum Trans Jogja, kendaraan unmotorized seperti becak dan andong, serta kendaraan darurat. Hal tersebut tentu saja akan menyebabkan perpindahan beban lalu lintas yang cukup besar dari kendaraan bermotor ke jaringan jalan di sekitarnya. Mengingat lalu lintas kendaraan bermotor yang melintas di kawasan Malioboro tergolong lalu lintas yang padat, dimana volume lalu lintas kendaraan bermotor di kawasan tersebut didominasi oleh kendaraan pribadi yang meliputi kendaraaan roda dua, tiga dan empat. Kendala tidak hanya pada pengalihan arus lalu lintas jaringan jalan lainnya, terdapat ruas jalan yang belum dioptimalkan kapasitas jalannya yang diakibatkan karen parkir on street khususnya pada jalan pasar kembang yang saat ini telah dilakukan pengaturan sistem satu arah. Jalan pasar kembang menjadi bagian jaringan jalan pada kawasan sumbu filosofis dan juga menjadi akses keluar masuk untuk Stasiun Yogyakarta, sehingga menyebabkan bangkitan kendaraan yang cukup tinggi yang berdampak pada timbulnya hambatan samping yang diakibatkan kendaraan parkir diarea sisi selatan Stasiun Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui besaran dampak rencana penerapan Contra Flow pada saat semi pedestirn malioboro dijalan terhadap kinerjaringan jalan yang berada disekitarnya serta memberikan rekomendasi guna mengurangi dampak terhadap penerapan tersebut. Pengumpulan data meliputi data primer dan datas sekunder, data primer berupa data inventarisasi jalan yang meliputi lebar jalan, tipe jalan dan lain – lain yang diperoleh dari suvei di kapangan, sedangkan data sekunder bberupa matrik asal tujuan perjalan di kota Yogyakarta yang kemudian diestimasi mengunakan metode TFlowFuzzy. Hasil estimasi tersebut akan digunakan sebagai dasar aanaslis pembebanan lalu lintas serta kinerja jaringan jalan melalui bantuan software PTV VISUM 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi peramalan 5 tahun kedepan (tahun 2024) setelah dilakukan rekomendasi kebijakan melalui penerapan skenario do something, rata-rata peningkatan vc ratio pada ruas jalan yang paling terdampak akibat adanya penerapan semi pedestrian malioboro dan contra flow dapat tereduksi sebesar 1.49 %. Sedangkan pada kondisi proyeksi 10 tahun mendatang (tahun 2024), rata-rata peningkatan vc ratio pada ruas jalan yang paling terdampak akibat adanya penerapan semi pedestrian malioboro dapat tereduksi sebesar 0.13 %. Penurunan rata-rata peningkatan vc ratio tidak terlalu signfikan antara tahun 2024 dengan tahun 2029. Hal ini menunjukan penanganan melalui peningkatan manajemen kapasitas jalan tidak optimal dalam jangka waktu yang cukup Panjang untuk menangani permasalahan lalu lintas, dan hal ini juga diperkuat dari perbandingan vc ratio secara makro pada jaringan jalan yang dikaji dimana mengalami peningkatan vc ratio pada tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Semi Pedestrian Malioboro,Contra Flow, TFlowFuzzy, Kinerja Jaringan Jalan, Estimasi Asal Tujuan Perjalanan, Pemodelan Transportasi
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Sep 2023 17:23
Last Modified: 11 Sep 2023 17:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29838

Actions (login required)

View Item View Item