DESAIN PAMERAN SENI KARYA 3 DIMENSI ONLINE MENGGUNAKAN MARKERLESS AUGMENTED REALITY

Dewangga, Kusuma (2023) DESAIN PAMERAN SENI KARYA 3 DIMENSI ONLINE MENGGUNAKAN MARKERLESS AUGMENTED REALITY. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kusuma Dewangga)
215311585_Bab 0.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311585_Bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311585_Bab 2.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
215311585_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
215311585_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
215311585_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
215311585_Bab 6.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Kegiatan seni yang mengumpulkan banyak orang masih diperlukan sebagai sarana publikasi karya seni dari para pegiat seni. Teknologi Augmented Reality (AR) sudah banyak diaplikasikan pada pameran-pameran karya seni. Untuk dapat memanfaatkan teknologi ini, pengguna harus datang ke lokasi pameran dan melakukan pemindaian pada suatu obyek di lokasi pameran sehingga mengakibatkan penumpukan pengunjung/penikmat seni di lokasi pameran. Untuk itu perlu dibangun suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati konten dari pameran karya seni 3D tanpa harus ke lokasi pameran. Pendekatan design thinking pada penelitian ini digunakan untuk membantu memandu proses perancangan agar terstruktur dan keluaran dari penelitian dapat menjawab kebutuhan dari pengguna karena pendekatan ini melibatkan pengguna dalam proses pensolusian suatu masalah sehingga permasalahan yang dialami oleh pengguna dapat diidentifikasi dan terselesaikan sesuai dengan apa yang diperlukan oleh pengguna. Penelitian ini menghasilkan prototype pameran seni karya 3 dimensi dengan markerless augmented reality yang memenuhi kebutuhan para seniman dan penikmat karya seni 3 dimensi. Markerless Augmenter Reality ini menjadi bentuk media baru dalam menikmati pameran karya seni yang lebih fleksibel dan meningkatkan eksplorasi terhadap bentuk seni yang dimodelkan dalam bentuk 3D. Evaluasi prototype dilakukan dengan menerapkan System Usability Scale (SUS) dengan nilai 79,39 responden menerima dan merasakan manfaat dari prototype yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, pameran, 3D ,design thinking
Subjects: Magister Teknik Informatika > Inovation of Computational Science
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Sep 2023 18:54
Last Modified: 12 Sep 2023 18:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item