EVALUASI USABILITAS PENGGUNAAN PLATFORM METAVERSE DENGAN VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN METODE USE (USEFULNESS, SATISFACTION, DAN EASE OF USE) (STUDI KASUS : PENYELENGGARAAN ACARA MICE)

Nugroho, Wahyu Dwi (2023) EVALUASI USABILITAS PENGGUNAAN PLATFORM METAVERSE DENGAN VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN METODE USE (USEFULNESS, SATISFACTION, DAN EASE OF USE) (STUDI KASUS : PENYELENGGARAAN ACARA MICE). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Wahyu Dwi Nugroho)
215311588_Bab 0.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311588_Bab 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311588_Bab 2.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
215311588_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
215311588_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
215311588_Bab 5.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Kemunculan teknologi metaverse dengan dukungan Virtual Reality (VR) membawa paradigma baru dalam penyelenggaraan acara Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE). Acara MICE dapat diadakan dalam lingkungan virtual yang imersif melalui platform metaverse. Namun, keberhasilannya memerlukan evaluasi mendalam terhadap kebergunaan platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebergunaan platform metaverse dengan VR untuk acara MICE menggunakan metode USE (Usefulness, Satisfaction, dan Ease of Use). Studi kasus digunakan untuk menyelidiki kebergunaan platform metaverse tertentu dalam acara MICE. Data dikumpulkan dari responden yang berinteraksi dengan platform untuk mendapatkan gambaran pengalaman mereka. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan berharga bagi pengembang dan penyelenggara acara mengenai kebergunaan platform metaverse dengan VR. Penelitian ini memiliki signifikansi karena minimnya penelitian mendalam mengenai evaluasi platform metaverse dengan VR dalam acara MICE. Hasilnya diharapkan memberikan panduan pengembangan lebih lanjut pada teknologi metaverse dan VR, serta memberikan wawasan bagi penyelenggara acara untuk menyelenggarakan acara MICE yang inovatif dan mengesankan di lingkungan virtual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi usabilitas, metaverse, MICE, USE, virtual event
Subjects: Magister Teknik Informatika > Intelligent Informatic
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Sep 2023 19:07
Last Modified: 12 Sep 2023 19:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29868

Actions (login required)

View Item View Item