ANALISIS SUDUT ELEVASI PEMUKUL GAMELAN VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN USER CENTERED DESIGN (UCD)

Dharmaputra, Evangelions Felix Yehdeya Gonchenkov Sekhanya (2023) ANALISIS SUDUT ELEVASI PEMUKUL GAMELAN VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN USER CENTERED DESIGN (UCD). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Evangelions Felix Yehdeya Gonchenkov Sekhanya Dharmaputra)
190710052_Bab 0.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710052_Bab 1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710052_Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
190710052_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
190710052_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
190710052_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
190710052_Bab 6.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Teknologi untuk memberikan sebuah perubahan baru pada permainan Gamelan Jawa khususnya untuk Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Virtual Reality (VR), hal ini agar pelestarian Gamelan dan tingkat ketertarikan masyarakat pada permainan Gamelan bisa dilakukan dengan menggunakan VR. Permainan ini nantinya akan dapat digunakan untuk masyarakat atau pembelajar yang berminat untuk mempelajari Gamelan. Namun, aplikasi Virtual Reality dalam pengembangannya melupakan hal-hal yang terkait dengan sudut elevasi pemukul gamelan. Hal ini akan berimbas pada kenyamanan pengguna dalam menggunakan sebuah aplikasi Virtual Reality akan berkurang dan tingkat realistis dalam memainkan gamelan virtual tentu akan sangat berbeda ketika pada saat bermain gamelan yang sebenarnya. Kedua hal akan dapat mempengaruhi sebuah pengalaman pengguna menjadi tidak maksimal. Penelitian ini adalah penelitian mengenai Analisis Sudut Elevasi pemukul gamelan Virtual Reality menggunakan User Centered Design (UCD). Dalam hal ini pengguna akan ditempatkan sebagai pusat pengembangan gamelan virtual. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data akan menggunakan metode survei. Survei kuesioner akan ditujukan pada responden Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karawitan UAJY. Pertanyaan-pertanyaan survei akan diberikan kepada responden setelah responden melakukan eksperimen terlebih dahulu dan melakukan studi kasus yang akan diberikan. Selanjutnya dari data-data yang telah diperoleh dari responden kemudian akan dilakukan analisis. Penelitian ini akan memberikan sebuah rekomendasi sudut gamelan yang menyerupai pada saat bermain gamelan yang sesungguhnya agar pengalaman pengguna saat menggunakan gamelan virtual dengan gamelan yang nyata tidak jauh berbeda. Didapati bahwa sudut yang dipilih adalah sudut elevasi sebesar -40 derajat, yang kedua sudut elevasi sebesar -50 derajat, yang akan bisa dijadikan sebuah rekomendasi atau evaluasi untuk mengembangkan aplikasi Virtual Reality gamelan kedepannya. Dapat meningkatkan User Interface dan User Experience dari segi tingkat realistis dari pemukul gamelan virtual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Gamelan, User-Centered Design, User Interface, User Experience
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Sep 2023 19:26
Last Modified: 21 Sep 2023 19:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29977

Actions (login required)

View Item View Item