PEMBANGUNAN SISTEM TANYA JAWAB UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR

Sadhu, Ida Bagus Putu Pandu Widiatmika (2023) PEMBANGUNAN SISTEM TANYA JAWAB UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ida Bagus Putu Pandu Widiatmika Sadhu)
190710138_Bab 0.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710138_Bab 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710138_Bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
190710138_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
190710138_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190710138_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190710138_Bab 6.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Kegiatan tanya jawab yang dilakukan pada proses belajar mengajar merupakan hal penting dalam pembelajaran. Masih terdapat mahasiswa yang memiliki kendala dalam mengajukan pertanyaan pada saat proses belajar mengajar. Berdasarkan kuesioner yang sudah dilakukan terhadap 130 responden, telah didapatkan beberapa masalah yaitu mahasiswa memiliki kecemasan dan rasa takut dalam bertanya di dalam kelas dan takut akan pertanyaan yang ingin diajukan di dalam kelas dianggap tidak berbobot oleh dosen maupun mahasiswa lainnya. Berdasarkan permasalahan yang sudah diuraikan sebelumnya, diperoleh solusi untuk membangun platform berupa website yang dapat menampung dan menjawab pertanyaan mahasiswa. Pada aplikasi ini, mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan secara anonymous sehingga mahasiswa lain tidak dapat melihat identitas dari penanya. Selain itu, dosen juga dapat mengetahui kesulitan mahasiswa terhadap materi yang sudah diberikan di kelas. Sistem ini dibangun dengan menggunakan framework Laravel sebagai back-end, ReactJs sebagai front- end, dan MySQL sebagai basis data. Hasil yang didapatkan adalah sistem tanya jawab yang digunakan untuk membantu kegiatan belajar mengajar yang dinamakan AtmaQA. Sistem AtmaQA sudah melewati tahap implementasi dan pengujian terhadap 48 mahasiswa dan satu dosen. Berdasarkan uji implementasi, telah didapatkan predikat C dengan nilai 68 yang dianggap cukup baik karena sudah memenuhi kebutuhan mahasiswa. Telah diberikan fitur anonymous bagi mahasiswa yang memiliki kendala dalam bertanya. Terdapat fitur speech-to-text yang memudahkan dosen dalam menjawab pertanyaan mahasiswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sistem AtmaQA mampu membantu mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tanya jawab, website, AtmaQA, Laravel, ReactJs
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Sep 2023 17:57
Last Modified: 25 Sep 2023 17:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30024

Actions (login required)

View Item View Item