Kristianto, Stevanus Tetuko (2023) PENERAPAN PHOTOREALISM DALAM PENGEMBANGAN OBJEK 3D GAMELAN KENONG PADA GAMELAN VR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Stevanus Tetuko Kristianto)
190710167_Bab 0.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
190710167_Bab 1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
190710167_Bab 2.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
190710167_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text
190710167_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text
190710167_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
|
Text
190710167_Bab 6.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
Pada zaman sekarang teknologi Virtual Reality atau VR telah berkembang pesat untuk membantu manusia dalam mengerjakan tugas-tugasnya di berbagai bidang seperti pendidikan dan kesenian. Di bidang pendidikan dan kesenian teknologi dapat digunakan sebagai media informasi dan pembelajaran. Virtual Reality merupakan teknologi yang memungkinkan kita melakukan simulasi di dalam dunia virtual dan menyediakan lingkungan dan objek 3D sehingga memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dunia simulasi buatan komputer dan mengaburkan dunia nyata dan virtual yang biasa disebut imersif. Masaslahnya dunia imersif dapat kurang dirasakan oleh user apabila objek-objek yang ada di dalam dunia ini kurang mirip dengan yang ada di dunia nyata, sehingga mengurangi perasaan user untuk lebih dalam masuk kedalam dunia imersif. Dalam pengenalan alat musik gamelan melalui VR, sangat diperlukan objek 3 dimensi serealistis mungkin. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat mengenal alat ini dengan baik walaupun belum pernah melihat bentuk aslinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah photorealism dapat digunakan dalam menciptakan 3d objek yang realistis? dan bagaimana tingkat kemiripan objek asli dengan objek 3D yang diciptakan menggunakan prinsip photorealism? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan 3d objek gamelan VR yang realistis menggunakan metode photorealism. Dalam photorealism terdapat 10 karakteristik yang perlu diperhatikan ketika membangun 3d objek. Setelah membangun objek, berikutnya objek dinilai berdasarkan 10 karakteristik tadi menggunakan kuisoner tertutup berupa skala likert. Jenis sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Responden akan memberikan nilai untuk setiap karakteristik dengan mengisi kuisoner setelah mencoba aplikasi VR gamelan yang terdapat objek photorealism didalamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berhasil membangun 3d objek yang realistis menggunakan photorealism dengan memperhatikan 10 karakteristik dari photorealism. Hasil survei menunjukan setiap objek mendapatkan nilai >= 4 yang artinya sudah baik dan sesuai dengan objek asli. Hal ini juga berarti dalam membangun 3d objek yang realistis, dapat digunakan metode photorealism. Survei juga mendapatkan hasil bahwa responden memperhatikan tingkat kemiripan objek dalam sebuah simulasi, objek yang realistis dapat membantu merasakan simulasi lebih nyata, dan objek realistis penting dalam permainan simulasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | photorealism, virtual reality, 3D objek, simulasi |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 18:25 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 18:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30026 |
Actions (login required)
View Item |