Pracoyo, Ayub Her (2023) Analisis Komparatif Penerapan Algoritma Fuzzy Dan Algoritma Sederhana Pada Gamelan Saron Virtual. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Ayub Her Pracoyo)
190710243_Bab 0.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
190710243_Bab 1.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
190710243_Bab 2.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
190710243_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text
190710243_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text
190710243_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
|
Text
190710243_Bab 6.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
Suara merupakan sebuah elemen yang penting dalam kehidupan kita. Selain dari visual, berbagai produser game juga berusaha memberikan interaksi game yang menarik melalui suara. Dalam virtual reality (VR), semua elemen interaksi termasuk interaksi suara sangatlah penting karena konsep dasar VR yaitu menyajikan pengalaman kehidupan lain di dunia virtual. Interaksi suara dari game yang baik dapat dilihat dari kesesuaiannya dengan situasi game. Game VR dengan konsep alat musik memerlukan respon suara yang dinamis karena musik tidak lepas dari perasaan manusia dalam memainkannya. Keterbatasan waktu dan tempat menjadi permasalahan dalam melakukan variasi perekaman sampel suara. Jika sampel suara yang diambil terbatas, maka jika diterapkan dengan algoritma sederhana kemungkinan terdengar repetitif dan kurang sesuai dengan dinamika suara musik sesuai kehidupan nyata manusia. Penelitian yang dilakukan adalah analisis komparasi implementasi antara algoritma yang biasa digunakan pengembang VR dengan algoritma fuzzy pada suara game VR Gamelan Saron. Pada dasarnya nilai hasil dari algoritma fuzzy memiliki fleksibilitas dan kesamaran yang memungkinkan dapat membantu respon suara game menjadi lebih dinamis. Proses awal yaitu menentukan batasan nilai fuzzy hingga implementasi algoritma fuzzy di respon suara VR Gamelan Saron. Kemudian, melakukan persiapan lingkungan pengujian yang diperlukan responden. Hasil dari implementasi kedua algoritma diujikan kepada responden lalu responden memberikan penilaian pada kuesioner berdasarkan eksperimen yang sudah dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah implementasi logika fuzzy memberikan perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik atau tidak jika dibandingkan dengan algoritma yang biasa digunakan untuk memberikan respon suara game VR. Hasil akhir yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu algoritma fuzzy dapat memberikan perubahan respon suara VR Gamelan Saron ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fuzzy, virtual reality, gamelan saron, respon suara, algoritma. |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 15:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 15:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30038 |
Actions (login required)
View Item |