PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

B., Octavianus Dismas A. (2009) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF04143.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF04143.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF04143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF04143.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TF04143.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Perkembangan di dunia komputer dan multimedia yang sangat pesat dapat digunakan sebagai suatu sarana dalam menyampaikan informasi dengan lebih baik lagi. Dalam dunia pendidikan, perkembangan tersebut dapat dimanaatkan sebagai sarana dalam menyampaikan materi yang lebih menarik dan tidak membosankan. Pelajaran fisika adalah materi wajib bagi para siswa sekolah dan mulai diperkenalkan pada tingkat SLTP. Namun, penyampaian materi yang kurang variatif sehingga cenderung membosankan menyebabkan banyak siswa tidak tertarik untuk belajar. Selain itu penjelasan yang abstark tanpa penjelasan yang jelas juga menimbulkan kebingungan dalam memahami materi yang diberikan. Untuk menarik minat siswa terhadap materi fisika dibuatlah Aplikasi Pembelajaran Fisika (SiJaKa). Aplikasi ini mencoba menerapkan teknologi multimedia dalam menyampaikan materi fisika, dimana dalam aplikasi ini terdapat animasi, teks, suara, dan gambar. Di dalam aplikasi ini terdapat latihan soal yang berhubungan dengan materi yang telah dipelajari, serta game kecil yang juga berhubungan dengan materi. Dengan adanya berbagai aspek multimedia tersebut, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi variasi belajar fisika yang lebih menarik dari metode yang selama ini diterima para siswa. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Macromedia Flash 8, CorelDraw 12, Adobe Photoshop CS2, Audio Edit Magic dan Cool Edit Pro. Aplikasi ini telah berhasil diimplementasikan. Pengujian perangkat lunak menggunakan 2 metode yaitu pengujian fungsionalitas dan pengujian sistem oleh responden. Pengujian fungsionalitas digunakan untuk membandingkan kesesuaian antara rencana fungsionalitas dengan hasil yang nyata, sedangkan untuk pengujian responden dilakukan kepada 30 orang dengan spesifikasi 25 orang siswa SLTP dan 5 siswa SLTA. Dari hasil pengujian, dapat diketahui bahwa aplikasi SiJaKa lebih menarik daripada metode pembelajaran yang selama ini didapatkan para responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, fisika, multimedia
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2013 13:19
Last Modified: 12 Jul 2013 13:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item