PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK GERABAH DI MUGEN CRAFT

Rinesti, Yovita Monic (2023) PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK GERABAH DI MUGEN CRAFT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yovita Monic Rinesti)
19 06 10108 0.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10108 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10108 2.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
19 06 10108 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
19 06 10108 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
19 06 10108 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19 06 10108 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img]
Preview
Text
19 06 10108 6.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mugen Craft adalah UMKM yang memproduksi produk keramik atau gerabah di Indonesia. Permasalahan di Mugen Craft berupa penurunan penjualan karena pemasaran yang kurang. Pemilik Mugen Craft mengungkapkan bahwa pemasaran yang diterapkan masih kurang dan menginginkan peningkatan penjualan sebesar 5%. Berdasarkan data penjualan pada Maret 2022 sampai dengan November 2022, Mugen Craft mengalami penurunan penjualan. Salah satu pekerja Mugen Craft menginginkan peningkatan pemasaran produk karena jumlah penjualan mempengaruhi pendapatannya. Salah satu pembeli mengungkapkan bahwa upaya pemberian informasi produk perlu ditingkatkan dengan sesering mungkin memperbarui postingan. Penelitian diawali dengan tahap emphatize untuk mencari informasi dan permasalahan di objek penelitian. Setelah itu, penelitian dilanjutkan dengan membuat rumusan masalah dan pemilihan solusi serta metode yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing mix 7P untuk identifikasi akar masalah dan Eisenhower matrix untuk pengambilan keputusan akar masalah serta alternatif solusi. Selain itu, terdapat metode weighted objectives untuk mengevaluasi alternatif solusi sehingga mendapatkan alternatif terbaik, yaitu promosi melalui media sosial. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan perancangan solusi dan pengujian atau implementasi solusi. Total penjualan yang didapatkan setelah implementasi solusi sebesar Rp22.676.000,00 dari penjualan sebelumnya sebesar Rp14.927.222,22. Kenaikan penjualan yang didapatkan sebesar Rp7.748.777,8 atau 51,9%. Dengan demikian, solusi yang diterapkan telah memenuhi Critical Success Factor peningkatan penjualan sebesar 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Peningkatan Penjualan, Gerabah, Marketing Mix 7P, Eisenhower Matrix, Weighted Objectives.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 04 Oct 2023 21:06
Last Modified: 04 Oct 2023 21:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item