ANALISIS ANTARMUKA PERMAINAN METAVERSE GAMELAN VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK

Jonathan, Eric (2023) ANALISIS ANTARMUKA PERMAINAN METAVERSE GAMELAN VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Eric Jonathan)
190710448_ Bab 0.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710448_ Bab 1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710448_ Bab 2.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
190710448_ Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
190710448_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
190710448_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
190710448_ Bab 6.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Pada era modernisasi ini tidak banyak kaum milenial yang tertarik untuk mempelajari alat musik tradisional seperti gamelan. Salah satu penyebabnya adalah harga untuk memiliki satu set gamelan yang sangat mahal. Harga dari gamelan itu sendiri sangat bervariasi, mulai dari IDR 500.000,- hingga IDR 350.000.000,- berdasarkan bahan yang digunakan. Selain itu juga diperlukan ruangan khusus yang cukup besar untuk menyimpan gamelan, dan banyaknya hal yang harus dipelajari dalam alat musik gamelan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukannya sebuah inovasi pengembangan yang berkelanjutan untuk memodernisasi gamelan. Pengembangan yang berkelanjutan ini menghasilkan sebuah inovasi metaverse gamelan virtual reality. Perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat maju membuat banyak pengembang memperhatikan aspek antarmuka dengan detail. Akan tetapi, permasalahan pada antarmuka itu sendiri pasti akan muncul. Hal tersebut juga tidak terlepas dari metaverse gamelan virtual reality yang pasti ada permasalahan yang muncul tanpa disadari pengembang. Akibat dari permasalahan tersebut membuat analisis permasalahan terhadap suatu teknologi informasi tersebut dibutuhkan. Tujuan penelitian ini dibuat agar dapat menganalisis serta memberikan rekomendasi perbaikan pada user interface atau antarmuka permainan virtual reality metaverse gamelan Slenthem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan teori Evaluation oleh Jakob Nielsen serta Ralf Molich yang dinamakan evaluasi heuristik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara kulitatif. Perolehan data penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara terhadap lima orang responden atau evaluator yang ahli dalam bidang user interface, human computer interaction, dan desainer interior/building serta sudah mencoba memainkan permainan Metaverse Gamelan Slenthem Virtual Reality. Kemudian, data diolah menggunakan metode evaluasi heuristik. Sedangkan analisis dilakukan berdasarkan dari pernyataan yang ditanyakan penulis kepada responden berdasarkan severity ratings dalam metode evaluasi heuristik yang diberikan kepada responden setelah mencoba permainan Metametsa Gamelan Slenthem Virtual Reality. Hasilnya menunjukan bahwa masih terdapat satu masalah yang perlu diperbaiki, dan dua gangguan kecil dengan kualitas sistem baik serta stabil yang dapat diabaikan. Walaupun pengembang telah memperhatikan aspek antarmuka yang akan mempengaruhi pengalaman pengguna, tetapi hal tersebut masih tidak cukup. Berdasarkan dari penelitian yang dianalisis, proses analisis terhadap suatu antarmuka masih sangat diperlukan untuk mendapatkan detail permasalahan yang masih mungkin saja muncul. Selain itu dengan analisis yang dilakukan terhadap tampilan antarmuka permainan metaverse gamelan Slenthem virtual reality pengembang dapat mengetahui rekomendasi perbaikan seperti apa yang dapat dikembangkan berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, user interface, evaluasi heuristik
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2023 15:28
Last Modified: 05 Oct 2023 15:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30122

Actions (login required)

View Item View Item