PENYELESAIAN MASALAH KELANGSUNGAN PRODUKSI YANG TERHAMBAT DENGAN PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PENCATATAN KEUANGAN DI IKM PAK FAUZAN

WIDYASARI, YOHANA BENITA (2023) PENYELESAIAN MASALAH KELANGSUNGAN PRODUKSI YANG TERHAMBAT DENGAN PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PENCATATAN KEUANGAN DI IKM PAK FAUZAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOHANA BENITA WIDYASARI)
19 06 10151 0.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10151 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10151 2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
19 06 10151 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
19 06 10151 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
19 06 10151 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
19 06 10151 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
19 06 10151 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IKM Pak Fauzan merupakan salah satu usaha mikro sektor industri manufaktur yang berada di bawah bimbingan UPT Logam Yogyakarta. Cetakan kue berbahan dasar aluminium merupakan produk utama yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan penelusuran masalah, ditemukan prioritas masalah yang akan diselesaikan adalah kelangsungan aktivitas produksi yang terhambat. Pemilik menyampaikan bahwa IKM tersebut telah berhenti berproduksi selama 1 – 2 minggu hampir setiap bulan selama tahun 2022. Pemilik IKM juga menyampaikan bahwa tenaga kerja di perusahaannya telah berkurang dari 4 orang karyawan menjadi 2 orang karyawan. Oleh karena aktivitas produksi yang terhambat, IKM Pak Fauzan tidak memiliki pemasukan sebagai modal untuk melanjutkan usahanya. Akar dari masalah kelangsungan aktivitas produksi yang terhambat adalah pemilik belum memahami cara menghitung pemasukan dan biaya produksi, serta belum mengetahui seluruh komponen biaya operasional produksi. Terkait dengan masalah tersebut, pemilik memiliki keinginan untuk dapat mengelola modalnya sendiri tanpa meminjam modal dari pihak ketiga sehingga dapat menjual produknya secara mandiri, dan dapat mempekerjakan karyawannya minimal 2 kali dalam seminggu. Masalah aktivitas produksi terhambat dapat diatasi dengan membuat pencatatan keuangan usaha. Pencatatan keuangan dapat digunakan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran usaha. Ketersediaan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan yang lebih mudah dan praktis. Sistem informasi pencatatan keuangan berbasis mobile dapat membantu IKM Pak Fauzan mengantisipasi terjadinya masalah kehabisan modal usaha. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi pencatatan keuangan IKM Pak Fauzan adalah metode SDLC yang dilakukan secara berurutan sesuai dengan tahap-tahap yang ada. Program pencatatan keuangan dibuat menggunakan platform Kodular sebagai tools untuk membuat aplikasi Android dan platform Airtable sebagai database. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi aplikasi berbasis mobile yang membantu pemilik IKM Pak Fauzan dalam mengelola keuangan usahanya. Kegiatan pencatatan keuangan dengan aplikasi pencatatan keuangan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama penggunanya menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Melalui aplikasi pencatatan keuangan ini, pemilik dapat mengetahui total pemasukan, total pengeluaran biaya operasional produksi, perkiraan harga jual dan laba usaha yang akan diterima. Hasil implementasi juga menunjukkan bahwa IKM Pak Fauzan dapat mempekerjakan karyawannya setidaknya 2 kali dalam seminggu. Pada minggu pertama, karyawan bekerja sebanyak 2 kali dalam seminggu yakni pada tanggal 12 Juni 2023 dan 15 Juni 2023. Pada minggu kedua, karyawan bekerja sebanyak 2 kali dalam seminggu yakni pada tanggal 19 Juni 2023 dan 22 Juni 2023.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, modal, pencatatan keuangan
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2023 18:36
Last Modified: 05 Oct 2023 18:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item