PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK ES KRIM AICE (Studi Eksplanatif pada Pengikut Akun Instagram @aiceindonesia)

PRADIPTA, DAVID FILBERT (2023) PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK ES KRIM AICE (Studi Eksplanatif pada Pengikut Akun Instagram @aiceindonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DAVID FILBERT PRADIPTA)
180906673 0.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906673 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906673 2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
180906673 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
180906673 4.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Industri es krim merupakan salah satu industri yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari laju pertumbuhan majemuk (CAGR) dari industri es krim pada periode 2015 hingga 2019 dengan pertumbuhan sebesar 10,4%. Pertumbuhan ini menunjukkan peningkatan minat beli produk es krim. Sebagai salah satu merek es krim di Indonesia, Aice juga turut memperhatikan minat beli produk es krimnya. Salah satu cara menumbuhkan minat beli tersebut adalah dengan menanamkan merek Aice dalam benak konsumen sehingga terbentuk brand awareness. Untuk menanamkan brand awareness tersebut, Aice menggunakan akun Instagram @aiceindonesia dengan lebih dari 700.000 pengikut dan memiliki engagement rate sebesar 0,38% dengan rata-rata likes sebanyak 631,75 dan rata-rata komentar sebanyak 372,63 pada setiap unggahannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh brand awareness terhadap minat beli produk es krim Aice. Peneliti memilih 100 pengikut akun Instagram @aiceindonesia berusia 15 sampai 40 tahun sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksplanatif kuantitatif dan diuji menggunakan regresi linear sederhana untuk membuktikan hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara brand awareness terhadap minat beli produk es krim Aice. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang jika dibandingkan dengan nilai probabilitas 0,05, maka nilai signifikansi variabel brand awareness lebih kecil. Dengan begitu, dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand awareness terhadap minat beli produk es krim Aice. Pengaruh yang ditemukan sebesar 66,7% dengan 33,3% sisanya dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Awareness, Minat Beli, Survei, Komunikasi Pemasaran.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Oct 2023 20:32
Last Modified: 06 Oct 2023 20:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item