PERANCANGAN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO X

Agustiar, Clarissa Adelia (2023) PERANCANGAN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO X. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Clarissa Adelia Agustiar)
19 06 10291 0.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10291 1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10291 2.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10291 3.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
19 06 10291 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
19 06 10291 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 06 10291 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
19 06 10291 7.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Objek dalam penelitian ini merupakan toko Industri elektronik yang sudah berdiri sejak 1999, dimana mereka menjualkan barang terkhususnya dalam lingkup komputer dan mereka juga menawarkan jasa. Selama Toko X buka hingga tahun ini, Toko X tidak memiliki akun media sosial manapun selain akun pribadi milik pemilik yang dijadikan sebagai tempat iklan barang yang mereka jualkan. Namun sejak bulan Juli 2022 hingga Februari 2023 pendapatan Toko X mengalami penurunan dan terjadinya fluktuasi jika dibandingkan dengan bulan sebelum Juli 2022. Maka, penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk merancang dan memberikan usulan strategi yang tepat dalam membantu menyelesaikan permasalahan penurunan penjualan yang terjadi pada Toko X. Pada penelitian ini digunakannya 2 metode dan 1 analisis dalam merancang usulan strategi. Maka pada penelitian ini digunakan analisis SWOT-AHP, yang dimana analisis SWOT ini bertujuan untuk melihat faktor internal-eksternal perusahaan kemudian dilakukannya pembobotan dengan Pairwise Comparison untuk didapatkan hasil yang konsisten. Kemudian, metode yang digunakan selanjutnya adalah 4P (Product, Price, Place, Promotion). Pada analisis SWOTAHP disimpulkan bahwa Toko X berada pada posisi agresif (kudran I) yang artinya toko dapat menggunakan memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang dimiliki. Hasil dari analisis metode dengan 4P didapatkan bahwa pada unsur price, place dan product yang dimiliki toko sudah baik, namun pada promotion sangatlah kurang. Sehingga usulan strategi dalam meningkatkan penjualan toko adalah menggunakan media sosial sebagai tempat promosi, dengan harapan semakin banyak orang yang mengetahui toko tersebut dan tertarik melakukan pembelian. Pemilik toko memutuskan untuk melakukan pembuatan media sosial dengan penataan baik dari segi konten dan pengiklananya. Setelah dilakukan pembuatan media sosial selama bulan Maret 2023, penjualan dan pendapatan toko meningkat mencapai Rp50.000.000 ke atas. Hal ini membuktikan bahwa strategi dari mengoptimalkan strength dan opportunity dapat membantu dalam meningkatkan penjualan toko.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, SWOT-AHP, Pairwise Comparison, 4P, Klasifikasi Barang, growth oriented strategy.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 10 Oct 2023 16:36
Last Modified: 10 Oct 2023 16:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item