Soejitno, Elizabeth Kristiawati (2023) PERANCANGAN MEKANISME EVALUASI VENDOR EKSPEDISI PADA SISTEM DISTRIBUSI UNTUK MEREDUKSI JUMLAH CLAIM PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Elizabeth Kristiawati Soejitno)
19 06 10338 0.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
19 06 10338 1.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
19 06 10338 2.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
19 06 10338 3.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
19 06 10338 4.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
19 06 10338 5.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
||
Text
19 06 10338 6.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
19 06 10338 7.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
19 06 10338 8.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
|
Text
19 06 10338 9.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan salah satu industri besar di Indonesia. Dalam realitanya masih banyak perusahan FMCG menggunakan jasa vendor ekspedisi untuk mengirimkan produknya hingga ke tangan distributor atau konsumen. Hal tersebut membuat perusahan tidak dapat ikut terlibat dalam proses pengiriman tersebut. Tidak terlibatannya PT. X dalam kegiatan pengiriman membuat sering kali terjadi kejadian yang tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh PT. X. Dikarenakan hal tersebut membuat jumlah claim yang muncul cukup tinggi. Tingginya jumlah claim yang disebabkan oleh vendor ekspedisi membuat diperlukannya evaluasi terhadap vendor ekspedisi yang memiliki penilaian rendah. Penelitian ini menggunakan metode Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk merekomendasikan vendor ekspedisi terbaik. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk dapat menemukan kriteria yang akan digunakan untuk penilaian terhadap vendor ekspedisi. Kemudian kriteria tersebut digunakan untuk penilaian terhadap vendor ekspedisi. Kelima vendor ekpedisi yang memiliki penilaian terendah perlu dilakukan perbaikan terhadap vendor ekspedisi tersebut. Dari penilaian tersebut didapatkan tiga kriteria yang perlu dilakukan perbaikan pelayanan, responsiveness, dan biaya. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa untuk mengurangi claim dapat dilakukan pemberian kuota jumlah claim dan mendapatkan hasil bahwa mereduksi 61% jumlah claim dari semula. Selain itu pembatasan kuota pada pengiriman dikombinasikan dengan penggunaan armada multi drop terbukti dapat mereduksi biaya yang dikeluarkan dengan mengorbankan peningkatan cycle time dikarenakan memenuhi kapasitas pengiriman untuk melakukan pengiriman multi drop. Namun hal tersebut masih berada dalam batas aman, dikarenakan cycle time tersebut berada pada batasan 2 hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Claim, Evaluasi Vendor, TOPSIS, Cycle Time, Cost/Kg, dan multi drop. |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 18:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 18:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30187 |
Actions (login required)
View Item |