PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN LOLOH MEME NYAMPUH DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING

Wulandari, I Dewa Ayu Dharmayanti (2023) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN LOLOH MEME NYAMPUH DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (I Dewa Ayu Dharmayanti Wulandari)
190610074 0.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610074 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610074 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610074 3.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
190610074 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
190610074 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
190610074 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190610074 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Loloh atau jamu merupakan salah satu minuman tradisional Bali yang banyak diproduksi oleh industri rumah tangga. Loloh diyakini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan yang dipercayai oleh masyarakat Bali secara turun temurun. Loloh Meme Nyampuh merupakan usaha loloh tertua di Kabupaten Bangli yang telah berdiri sejak tahun 1997 di Desa Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Semenjak bertambahnya produsen loloh di desa tersebut, usaha ini mengalami penurunan jumlah penjualan setiap bulannya. Terdapat empat akar masalah yang ditemukan pada permasalahan penurunan jumlah penjualan menggunakan Interrelationship Diagram. Akar masalah terpilih yang ingin diselesaikan pada penelitian ini adalah terkait tidak adanya strategi pemasaran yang tepat, sehingga dilakukan analisis BCG, analisis STP, dan analisis 4P sebelum menentukan alternatif solusi. Terdapat tujuh alternatif solusi yang dikelompokkan berdasarkan variabel 4P. Pemilihan alternatif solusi dilakukan dengan mempertimbangkan batasan yang ditentukan seperti menggunakan biaya maksimal Rp. 500.000, dan tidak menambah pekerja baru pada bagian produksi dan marketing. Alternatif solusi terpilih adalah merancang strategi promosi pada media sosial, sehingga critical success factor dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan minat beli konsumen guna meningkatkan jumlah penjualan loloh lebih dari 10% dari rata-rata jumlah penjualan dalam sehari. Metode yang digunakan untuk melakukan pengolahan data kuesioner yang dibagikan kepada responden pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling. Perancangan strategi promosi dimulai dengan melakukan perancangan logo yang akan digunakan sebagai photo profil pada media sosial, kalender konten, dan konten yang akan diunggah. Konten yang dirancang berupa konten wajib, informasi, edukasi, interaksi, motivasi, evaluasi, dan video reels. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah variabel yang memiliki hubungan dan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat beli adalah variabel advertising (p < 0,001), personal selling (p= 0,001), dan direct marketing (p=0,009). Hasil implementasi yang dilakukan selama tiga minggu, yaitu mulai 1 Maret 2023 sampai 22 Maret dengan menggunakan Instagram didapatkan adanya peningkatan minat beli konsumen dengan peningkatan penjualan sebesar 1.198 botol/hari atau 134%, sehingga lebih dari 10% dari rata-rata jumlah penjualan dalam sehari. Jumlah reseller Loloh Meme Nyampuh mengalami peningkatan sebesar 59%, yaitu dari 17 orang menjadi 27 orang reseller. Selain itu, implementasi yang telah dilakukan juga menghasilkan kunjungan profil sebesar 458 akun dengan jangkauan layanan yang mampu dijangkau oleh Loloh Meme Nyampuh adalah sebanyak 923 orang, dan total pengikut yang didapatkan sebesar 130 akun yang membuktikan bahwa variabel advertising, personal selling, dan direct marketing berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Loloh Khas Penglipuran, Strategi Pemasaran, Bauran Promosi, Minat Beli, Structural Equation Modeling (SEM).
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 16 Oct 2023 16:59
Last Modified: 16 Oct 2023 16:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30220

Actions (login required)

View Item View Item