STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO X

Soelistijo, Devano Christopher Purwadi (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO X. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Devano Christopher P.S)
190610276 0.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610276 1.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610276 2.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
190610276 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
190610276 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
190610276 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
190610276 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
190610276 7.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan penjualan juga di tahun 2019 hingga sampai sekarang penjualan Toko X susah untuk mengalami kenaikan lagi. Selain itu, banyak munculnya pesaing baru yang mengakibatkan total penjualan Toko X yang menurun selama 5 tahun terakhir (2018-2022). Munculnya pesaing baru yang membanting harga ini menyebabkan Toko X susah untuk memenangkan persaingan pasar sehingga diperlukan strategi-strategi yang ampuh untuk mengatasi hal ini. Untuk mendapatkan strategi-strategi dalam menunjang kenaikan penjualan Toko X diperlukan langkah-langkah yang tepat. Untuk memunculkan solusi-solusi, diperlukan refrensi dari jurnal-jurnal, skripsi, maupun buku ahli. Setelah munculnya beberapa solusi, dilakukan pemilihan solusi menggunakan wawancara stakeholder dan metode-metode, seperti analisis risiko. Kemudian setelah solusi terpilih, maka dilakukan perancangan solusi menggunakan metode-metode yang telah didapatkan dari riset beberapa jurnal, metode yang dipakai berkaitan dengan strategi pemasaran. Strategi Pemasaran sangat berkaitan erat dengan permasalahan yang dialami Toko X terkait dengan persaingan harga. Maka beberapa metode strategi pemasaran yang akan digunakan adalah Matriks BCG, PLC dengan kombinasi 4P, dan SWOT, setelah itu strategi-strategi yang terkumpul akan dibuat marketing plan-nya, seperti door to door, meningkatkan pelayanan, dan melakukan promosi Marketing Plan yang telah dibuat kemudian diimplementaasikan ke Toko X selama 2 minggu lebih 2 hari. Hasil dari implementasi sudah mencapai target dari CSF yang mana mengharuskan naik 5% jika dibandingkan bulan Juli 2022. Maka penelitian ini dikatakan sukses karena bulan Juli 2023 dan Juli 2022, jika dibandingkan sudah naik lebih dari 5% sehingga dapat disimpulkan sudah mencapai CSF.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Matriks BCG, PLC dengan kombinasi 4P, SWOT, marketing plan.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 16 Oct 2023 18:54
Last Modified: 16 Oct 2023 18:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item View Item