EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 DAN PAVEMENT CONDITION INDEX 1994 (Studi Kasus : Jalan Meces – Pokoh, Ngemplak, Sleman)

Satria, Roy Andhika (2021) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 1990 DAN PAVEMENT CONDITION INDEX 1994 (Studi Kasus : Jalan Meces – Pokoh, Ngemplak, Sleman). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Roy Andhika Satria)
160216686_Bab 0.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216686_Bab 1.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216686_Bab 2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
160216686_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160216686_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
160216686_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img]
Preview
Text
160216686_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan Meces – Pokoh merupakan jalan kabupaten dengan tipe dua lajur dua arah, dengan kondisi lalu lintas yang cenderung tinggi. Jalan ini merupakan jalan alternatif yang menghubungkan ke daerah Cangkringan dan banyak truk angkutan yang memilih jalan ini. Besarnya volume lalu lintas membuat beban yang diterima perkerasan lebih besar dan membuat kondisi perkerasan mengalami kerusakan dan berdampak kurangnya kenyamanan pengguna jalan. Pengumpulan data dilakukan dengan survei kerusakan jalan secara visual dan survei lalu lintas harian rerata. Data sekunder seperti data lendutan dan eksisting jalan didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman. Analisis dilakukan menggunakan metode Bina Marga tahun 1990 untuk penentuan penanganan dan metode Pavement Condition Index tahun 1994 sebagai pembanding, lalu untuk penangananan menggunakan acuan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Hasil analisis dari ruas jalan sepanjang 3 km ditemukan total luas kerusakan 1830,965 m2 atau sekitar 10,17% dari luas jalan. Nilai prioritas dari Jalan Meces – Pokoh tersebut adalah 6, yang mana dimasukkan ke dalam program pemeliharaan berkala. Kemudian dari perhitungan penanganan MDP 2017 ditentukan perbaikan menggunakan lapis overlay setebal 60 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kerusakan, jalan, bina marga.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Nov 2023 16:38
Last Modified: 03 Nov 2023 16:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30376

Actions (login required)

View Item View Item