ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : RUAS JALAN SOEKARNO HATTA KM. 5 – KM. 17 BALIKPAPAN)

Massora, Christofer Owen (2021) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : RUAS JALAN SOEKARNO HATTA KM. 5 – KM. 17 BALIKPAPAN). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Christofer Owen Massora)
160216694_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216694_Bab 1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216694_Bab 2.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216694_Bab 3.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
160216694_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
160216694_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
160216694_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan Soekarno Hatta adalah jalan penghubung antar dua kota besar di Kalimantan Timur, yaitu Balikpapan yang merupakan pintu gerbang Kalimantan Timur dan Samarinda yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Timur. Tingginya kegiatan perekonomian masyarakat yang melibatkan dua kota ini membuat tingginya jumlah kendaraan yang melintas di jalan ini. Jalan Soekarno Hatta sendiri merupakan ruas jalan dengan tingkat kecelakaan tertinggi d Balikpapan, terutama pada KM. 5 – KM. 17. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahu lokasi rawan kecelakaan pada ruas jalan ini. Data sekunder untuk penelitian yang digunakan yaitu data kecelakaan tahun 2017 sampai 2019 yang didapatkan dari Polres Balikpapan. Sementara data primer yaitu keadaan jalan dan fasilitias pelengkap pada lokasi black spot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Upper Control Limit dan Batas Kontrol Atas. Hasil analisis dari penelitian ini adalah didapatkan 4 segmen jalan dengan panjang 200 meter yang merupakan daerah rawan kecelakaan yaitu Jalan Soekarno Hatta pada segmen jalan KM. 5+800 – KM. 6+000, KM. 6+000 – KM. 6+200, KM. 10+200 – 10+400, dan KM. 10+400 – KM. 10+600. Waktu kecelakaan paling banyak terjadi pada pukul 18.00 – 22.00. Alternatif yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka kecelakaan pada beberapa black spot adalah memasang rambu rawan kecelakaan, memasang lampu jalan untuk segmen jalan yang masih minim penerangan, memeriksa secara berkala rambu-rambu dan fasilitas jalan lain karena masih ditemui beberapa rambu yang tertutup oleh pohon, dan memperbaiki jalan yang berlubang pada beberapa titik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Black Spot, fasilitas jalan, Upper Control Limit
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Nov 2023 16:48
Last Modified: 03 Nov 2023 17:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30377

Actions (login required)

View Item View Item