PUSAT SENI DAN BUDAYA SUMATERA DI LAMPUNG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ECO CULTURAL

Bhakta, Gede Krishna (2021) PUSAT SENI DAN BUDAYA SUMATERA DI LAMPUNG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ECO CULTURAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Gede Krishna Bhakta)
170116746_Bab 0.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116746_Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116746_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170116746_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
170116746_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170116746_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
170116746_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia yang terdiri dari 10 provinsi, pulau ini menyimpan seni dan budaya yang beragam, seperti adat istiadat, tari- tarian, musik, kerajinan, arsitektur dan lainnya, namun seiring dengan perkembangan zaman, seni dan budaya daerah mulai ditinggalkan oleh masyarakatnya. Sesuai dengan program pemerintah dalam mengembangkan sektor pariwisata, kesenian dan kebudayaan Sumatera dapat dikembangkan untuk mendukung kepariwisataannya sebagai upaya dalam melestarikan seni dan budaya daerah. Pelestarian seni dan budaya daerah melalui pariwisata bertujuan untuk membuat pengunjung yang datang dapat memberikan rasa pemahaman dan mulai peduli akan seni dan budaya daerah. Lampung Selatan merupakan kabupaten yang terletak di provinsi Lampung, kabupaten ini menjadi penghubung masuk ke Sumatera dari pulau Jawa. Lampung Selatan memiliki letak yang strategis sebagai bagian penting dalam meningkatkan pariwisata. Masyarakat Lampung Selatan memiliki minat di bidang kesenian dan kebudayaan yang cukup tinggi dengan jumlah wisatawan yang cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga Lampung Selatan berpeluang menjadi tempat sebagai wadah untuk memperkenalkan seni dan budaya Sumatera ke masyarakat yang lebih luas lagi. Pusat Seni dan Budaya Sumatera sebagai wadah yang memperkenalkan kesenian dan kebudayaan daerah terdiri dari seni utama yang dinaungi yaitu seni tari tradisional, dan ditunjang dengan jenis seni dan budaya lainnya yang berfungsi sebagai objek pamer. Pusat Seni dan Budaya Sumatera menggunakan pendekatan eco cultural yang mempertimbangkan lokalitas daerah dan aspek lingkungan ke dalam desain, sehingga Pusat Seni dan Budaya Sumatera dapat hadir sebagai ruang informatif, edukatif, rekreatif untuk membangkitkan semangat dan minat masyarakat dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Pulau Sumatera.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pusat seni dan budaya, eco cultural, ruang informatif, edukatif, rekreatif, lanskap, tata ruang dalam, tata ruang luar
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Nov 2023 17:48
Last Modified: 07 Nov 2023 17:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30401

Actions (login required)

View Item View Item