“ELECTRONIC SPORTS” (“E-SPORTS”) “CENTER” DI BANDUNG DENGAN PENDEKATAN SIMBOLIKA

Wartama, Natalia Febiola (2021) “ELECTRONIC SPORTS” (“E-SPORTS”) “CENTER” DI BANDUNG DENGAN PENDEKATAN SIMBOLIKA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Natalia Febiola Wartama)
170116763_Bab 0.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116763_Bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116763_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170116763_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
170116763_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
170116763_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170116763_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi selalu mengalami perkembangan setiap tahun bahkan setiap hari. Di samping itu munculah fenomena Electronic Sport (e-sports) yang merupakan salah satu cabang olahraga berbasis elektronik (menggunakan teknologi video game sebagai ajang perlombaan atau kompetisi utamanya). Di Indonesia sendiri belum ada fasilitas yang dapat menjamin keberlangsungan karir para atlet tersebut. Fasilitas olahraga seperti E-Sports Center (gedung olahraga electronic) sangat dibutuhkan bagi para player atau calon atlet yang akan bertanding dalam hal mengasah dan mempersiapkan dirinya dengan baik. Tersedianya bangunan yang mengakomodasi kegiatan tersebut akan membuat pemain game bersemangat untuk melakukan pelatihannya, tapi di balik itu semua akan ada dampak positif dan negatif bagi pemain game. Berangkat dari dampak negatif yang ditimbulkan, perancangan tatanan ruang dalam bangunan E-Sports Center di Bandung ini menjadi upaya untuk memfasilitasi keteraturan penjadwalan dan ketersediaan perangkat mumpuni bagi para pemain. Metode yang digunakan adalah pola prosedural studi komparasi, dan tata langkah menggunakan pengumpulan data, analisis, sintesis dan alur pola pikir perancangan. Hasil dari perancangan ini adalah berupa wujud ruang dalam bangunan e-sports center yang bersuasana komunikatif dengan pendekatan simbolika pada elemen-elemen ruang dalamnya sehingga dapat menjadi acuan pembuatan gedung olahraga khusus elektronik sport.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-sports, ruang dalam, komunikatif, simbolika
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Nov 2023 18:46
Last Modified: 07 Nov 2023 18:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

View Item View Item