COMMUNITY PARK DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE FOOD SYSTEMS SEBAGAI PENUNJANG PASAR NITEN DI KABUPATEN BANTUL

Murti, Adrian Prasetyo (2021) COMMUNITY PARK DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE FOOD SYSTEMS SEBAGAI PENUNJANG PASAR NITEN DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Adrian Prasetyo Murti)
170116828_Bab 0.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116828_Bab 1.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116828_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170116828_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
170116828_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text
170116828_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
170116828_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pasar Niten di Kabupaten Bantul merupakan pasar hasil relokasi dan revitalisasi di tahun 2008. Namun revitalisasi tersebut serta merta tidak menyelesaikan isu permasalahan. Munculnya isu baru, baik dari aspek fisik hingga aspek non-fisik menyebabkan permasalahan utama yaitu keadaan Pasar Niten yang menjadi sepi. Sehingga munculah rencana untuk menghidupkan dan mengaktifkan kembali Pasar Niten. Dari permasalahan ini, dibuatlah sebuah strategi yaitu selain sebagai wadah perdagangan dan ekonomi, tipologi turut menjadi wadah yang dapat mengumpulkan berbagai orang dengan latar yang berbeda untuk berdinamika, belajar, dan menghasilkan sesuatu secara bersama. Untuk mencapai strategi tersebut, didapatkanlah satu hal penting yang diperlukan bagi semua orang sebagai pendekatan – ‘pangan’. Kegiatan budidaya tanaman pangan dapat menjadi ‘magnet’ bagi kegiatan yang akan dinaungi, diwadahi dengan community gardening yang bersifat sosial sebagai area bertemu, ekologi sebagai upaya pelestarian alam, serta edu- rekreasi sebagai daya tarik. Terdapat juga Farmers Market dengan fungsi ekonomi sebagai upaya menjaga eksisting kegiatan di Pasar Niten dan upaya dalam mensejahterakan petani.Sehingga diharapkan dengan kehadiran fungsi baru ini, dapat mengundang masyarakat dalam mengaktifkan kembali kawasan di Pasar Niten. Melalui penekanan pada sustainable food systems yang merespon kemampuan dalam memproduksi pangan secara mandiri dan berkelanjutan, serta sebagai pedoman dalam berjalannya sistem kegiatan, diwadahi dengan strategi pendekatan desain sustainable architecture yang memperhatikan elemen-elemen arsitektural dalam merespon pembangunan yang ramah lingkungan, Community Park yang mampu menunjang kegiatan Pasar Niten di Kabupaten Bantul ini diharapkan dapat memberikan ketahanan pangan dan gizi pada regional, yang memperhatikan keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Serta dapat menjadi percontohan dan sarana edukasi bagi komunitas tani lain di sekitar, sebagai upaya menjalankan sistem pangan yang beradaptasi dalam perkembangan jaman dan kota.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Community Gardening, Farmers Market, Agriculture, Sustainable Food Systems, Sustainable Architecture, Pasar Niten, Ekonomi, Sosial, Edukasi, Lingkungan.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Nov 2023 20:33
Last Modified: 14 Nov 2023 20:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30475

Actions (login required)

View Item View Item