PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI E-WOM (STUDI PADA KECAP BANGO)

Wandal, Achrisya Rambu Lingga (2023) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI E-WOM (STUDI PADA KECAP BANGO). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Achrisya Rambu Lingga Wandal)
19 03 24887 0.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 03 24887 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 03 24887 2.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
19 03 24887 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
19 03 24887 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img]
Preview
Text
19 03 24887 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Electronic word of mouth (e-wom) merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan. Pelanggan akan tertarik membeli jika suatu produk direkomendasikan oleh orang terdekat dan jika pelanggan merasa puas pada produk tersebut maka dapat menciptakan loyalitas pada pelanggan. Perusahaan punya banyak cara untuk membuat pelanggan tetap setia dan loyal pada produknya, salah satu yang dilakukan oleh perusahaan untuk pelanggan tetap setia dan loyal yaitu dengan mengadakan kegiatan corporate social responsibility di media sosial dengan baik. Ketika pelanggan ikut serta dalam kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan maka pelanggan merasa bahwa mereka ikut serta dalam menjaga kelestarian alam. Dengan hal ini perusahaan mampu menciptakan pelanggan yang setia dan loyal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh dari corporate social responsibility kecap Bango di media sosial terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh corporate social responsibility kecap Bango di media sosial terhadap e-wom, dan e-wom memediasi corporate social responsibility kecap Bango di media sosial dan loyalitas pelanggan. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan kuesioner kepada pelanggan kecap Bango di seluruh indonesia dengan ketentuan mengetahui produk kecap Bango, pernah melihat informasi tentang kegiatan corporate social responsibility kecap Bango di media sosial, dan sudah pernah melakukan pembelian minimal 3 kali dalam rentang 1 tahun terakhir. Adapun metode pengujian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis, analisis Structural Equation Modelling (SEM), analisis mediasi, uji outer model, dan uji inner model. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan dan positif corporate social responsibility kecap Bango di media sosial terhadap loyalitas pelanggan, adanya pengaruh signifikan dan positif corporate social responsibility kecap Bango di media sosial terhadap e-wom, dan terakhir e-wom memediasi corporate social responsibility kecap Bango di media sosial dan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, loyalitas pelanggan, dan electronic word of mouth.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 16 Nov 2023 16:06
Last Modified: 16 Nov 2023 16:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30499

Actions (login required)

View Item View Item