PENGARUH KUALITAS KONTEN INSTAGRAM @SUKKHACITTA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SUKKHACITTA

Evangelista, Maria Deianeira (2023) PENGARUH KUALITAS KONTEN INSTAGRAM @SUKKHACITTA TERHADAP MINAT BELI PRODUK SUKKHACITTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maria Deianeira Evangelista)
180906578 - 0.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906578 - 1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906578 - 2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
180906578 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
180906578 - 4.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Fashion lokal di Indonesia merupakan salah satu bidang industri yang ramai diperbincangkan sejak 2020 akhir di Indonesia. Produk fashion lokal di Indonesia menjadi satu dari tiga tombak dari perekonomian di Indonesia bahkan saat dilanda pandemi COVID-19. Sebagai salah satu brand lokal asli Indonesia, Sukkhacitta berusaha untuk meningkatkan penjualan produknya dengan cara menumbuhkan minat beli masyarakat Indonesia. Melalui konten yang diunggah dalam laman akun instagramnya, Sukkhacitta berusaha untuk membangun dan menarik minat audiens. Sukkhacitta menggunakan beberapa platform online untuk memasarkan produknya salah satunya melalui Instagram. Saat ini, akun Instagram @sukkhacitta memiliki 53.000 pengikut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas konten pada akun Instagram @sukkhacitta terhadap minat beli produk Sukkhacitta. Penelitian ini menggunakan teori dasar Elaboration Likelihood Model untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas dari konten yang diunggah oleh Sukkhacitta terhadap minat beli produknya. Sampel pada penelitian ini adalah 117 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @sukkhacitta dengan rentang usia 21-36 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diuji menggunakan regresi linear sederhana untuk membuktikkan hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh kualitas konten Instagram @sukkhacitta terhadap minat beli produk Sukkhacitta. Hal ini dibuktikkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dibandingkan nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu, dapat dibuktikkan bahwa pengaruh yang signifikan antara kualitas konten Instagram @Sukkhacitta terhadap minat beli produk Sukkhacitta. Pengaruh yang ditemukan sebesar 33,9% dengan 66,1% sisanya dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten, Minat Beli, Elaboration Likelihood Model
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 17 Nov 2023 22:27
Last Modified: 17 Nov 2023 22:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item