PENATAAN KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH YANG RAMAH ANAK DAN LANSIA DI KELURAHAN KRAPYAK, KECAMATAN PEKALONGAN UTARA, KOTA PEKALONGAN

Jennifer, . (2021) PENATAAN KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH YANG RAMAH ANAK DAN LANSIA DI KELURAHAN KRAPYAK, KECAMATAN PEKALONGAN UTARA, KOTA PEKALONGAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jennifer)
170116950_Bab 0.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116950_Bab 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116950_Bab 2.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
170116950_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
170116950_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
170116950_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
170116950_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Permukiman kumuh merupakan fenomena yang saat ini banyak terjadi di kota-kota di Indonesia karena faktor pertumbuhan penduduk, keterbatasan lahan, serta kondisi ekonomi yang kurang baik. Salah satu kota yang mengalami fenomena permukiman kumuh adalah Kota Pekalongan. Kota Pekalongan merupakan kota yang terletak di pesisir Laut Jawa dengan potensi perikanan yang sangat besar. Kota Pekalongan juga mendapatkan sebutan “World’s City of Batik”. Di lain sisi, potensi tersebut bisa membawa kendala bagi kondisi permukiman di Pekalongan, terlebih di Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara yang terletak di pesisir Laut Jawa. Permasalahan banjir rob yang berasal dari sungai-sungai yang meluap merupakan masalah sepanjang tahun yang dialami oleh penduduk di Kelurahan Krapyak, ditambah dengan pencemaran limbah batik dari industri pengolahan batik yang banyak terdapat di Pekalongan. Hal ini menyebabkan keamanan, kenyamanan, serta kesehatan warga di permukiman Kelurahan Krapyak terganggu. Maka dari itu, penataan kawasan permukiman kumuh diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan kekumuhan di Kota Pekalongan. Fokus perencanaannya akan menyesuaikan dengan kondisi di Kelurahan Krapyak yang memiliki jumlah penduduk anak-anak serta lansia yang cukup banyak, dimana keamanan, kenyamanan, serta kesehatannya terganggu karena kekumuhan serta banjir rob yang tercemar limbah. Hasilnya berupa penataan kawasan permukiman kumuh yang ramah anak dan lansia di Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan melalui pengolahan tata ruang luar dan pemilihan material dengan pendekatan healthy environment yang diharapkan dapat menyelesaikan semua permasalahan mengenai kekumuhan di kawasan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permukiman, Permukiman Kumuh, Ramah Anak dan Lansia, healthy environmen
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Nov 2023 20:41
Last Modified: 20 Nov 2023 20:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30539

Actions (login required)

View Item View Item