NURMALASARI, BRIGGITA ERLINA (2009) PENGEMBANGAN APLIKASI ALAT BANTU BELAJAR PENGETAHUAN ATMOSFER DAN HIDROSFER BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TF04308.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TF04308.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TF04308.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TF04308.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text (Bab IV)
4TF04308.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text (Bab V)
5TF04308.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Atmosfer dan Hidrosfer sangat penting bagi kehidupan manusia karena dalam kehidupannya manusia tidak bisa lepas dari kedua gejala alam tersebut. Manusia diharapkan menjaga sikap/aktifitasnya yang dapat mempengaruhi atmosfer dan hidrosfer sehingga terjadi keseimbangan yang baik antara manusia dengan alam. Salah satu teknologi komputer yang berkembang pesat adalah bidang multimedia. Perkembangan teknologi multimedia dapat mengubah cara seseorang mendapatkan suatu informasi yang sebelumnya terbatas pada buku, tenaga pengajar atau ahli ilmu pengetahuan. Dalam bidang pendidikan khususnya geografi, teknologi multimedia dapat dijadikan suatu media alternatif yang dapat membantu siswa dalam memahami pengetahuan tentang gejala alam yang sulit untuk dijabarkan tersebut. Pada penelitian ini, dikembangkan suatu aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk mempelajari pengetahuan mengenai atmosfer dan hidrosfer berbasis multimedia yang dinamakan POSTADIS. Aplikasi ini memberikan pengetahuan mengenai gejala alam yaitu atmosfer dan hidrosfer dalam bentuk gambar, teks, animasi, maupun suara. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi POSTADIS ini yaitu wawancara, penelitian kepustakaan dan pembangunan perangkat lunak. Pembuatan aplikasi POSTADIS ini menggunakan Macromedia Director MX, Macromedia Flash 8, 3D Studio Max 9, Poser 5, Arca Database Xtra, dan Adobe Photoshop 7. Pengujian aplikasi ini menggunakan 2 metode yaitu pengujian fungsionalitas dan pengujian sistem oleh pengguna. Pengujian fungsionalitas meliputi deskripsi serta kesesuaian tampilan POSTADIS. Pengujian sistem dilakukan oleh 30 pengguna yang terdiri dari siswa SMP dan guru. Berdasarkan hasil kuesioner dapat dikatakan bahwa untuk gambar, animasi, teks, kecocokan suara penjelasan materi, kecocokan suara (backsound dan tombol), penggunaan warna, kemudahan penggunaan aplikasi, manfaat penggunaan aplikasi, kemudahan proses belajar mayoritas mengatakan baik dan untuk ketertarikan belajar menggunakan aplikasi mayoritas mengatakan lebih mudah belajar menggunakan aplikasi POSTADIS daripada membaca buku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Atmosfer, Hidrosfer, Multimedia |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 08:10 |
Last Modified: | 16 Jul 2013 08:10 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3056 |
Actions (login required)
View Item |