Atmaja, Yustinus Bagaskara (2023) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK RUMAH VIRTUAL PADA ONLINE PLATFORM. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Yustinus Bagaskara Atmaja)
195402994_Bab 0.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
195402994_Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
195402994_Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
195402994_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
195402994_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
195402994_Bab 5.pdf Download (941kB) | Preview |
Abstract
Semakin bertambahnya populasi manusia mengakibatkan semakin berkurangnya lahan yang bisa digunakan untuk pembangunan tempat tinggal. Kegiatan yang dapat dilakukan penghuni rumah semakin terbatas karena ruang yang ada dalam rumah merupakan ruangan pokok untuk kebutuhan utama, sehingga kegiatan pendukung harus dilakukan di luar lingkup tempat tinggal penghuni. Pandemi COVID-19 telah secara dramatis mengubah interaksi sosial. Kebijakan social distancing, lock down, dan karantina wajib mempercepat pertumbuhan teknologi komunikasi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, Metaverse merupakan salah satu produk perkembangan tersebut. Konsep dasar dunia Metaverse adalah dunia tiga dimensi dimana avatar menggantikan peran pengguna di dunia nyata. dunia Metaverse merupakan dunia buatan manusia dengan hukum fisika yang bisa di atur berbeda dengan dunia nyata, Perkembangan serta pandangan baru pada platform ini juga memicu berkembangnya cara pikir manusia zaman sekarang dalam beradaptasi dengan perubahan tersebut, dimana manusia harus memenuhi kebutuhannya, tumbuh serta mampu mengikuti perkembangan tersebut. Penelitian ini mencoba menemukan gambaran rumah virtual dalam Metaverse bagi pengguna karena keterbatasan bentuk dan fungsi rumah tinggal konvensional yang secara umum hanya memenuhi kebutuhan dasar pengguna, sehingga untuk keinginan pengguna untuk mewujudkan tempat tinggal impiannya dibutuhkan media alternatif untuk menerapkannya. Metaverse merupakan media alternatif yang cocok karena platform ini mewadahi berbagai macam benda virtual salah satunya adalah rumah virtual yang bisa diakses penggunanya melalui perangkat khusus darimanapun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara menggunakan sistem tabulasi silang, dengan daya cakup arsitektural rumah virtual dalam Metaverse yang disusun melalui studi literatur, didukung dengan data kuesioner yang didapatkan dari responden tentang keterbatasan pengguna rumah konvensional dan kriteria tempat tinggal impian pengguna.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tempat Tinggal, Virtual, Metaverse |
Subjects: | Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 19:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 19:46 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30569 |
Actions (login required)
View Item |