PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN BERBASIS MULTIMEDIA

KIRONO, FLORENTINA ANGGI SASI (2009) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN BERBASIS MULTIMEDIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF04327.pdf

Download (194Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF04327.pdf

Download (113Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF04327.pdf

Download (266Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF04327.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF04327.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1944Kb)
[img] Text
5TF04327.pdf

Download (214Kb)

Abstract

Multimedia menjadi salah satu hal yang populer belakangan ini, baik dalam bidang bisnis, hiburan, maupun pendidikan. Multimedia dalam pendidikan dirasa bagus karena dianggap lebih menarik dan lebih memudahkan. Sedangkan pemrograman pun menjadi salah satu bidang yang menarik untuk digeluti karena prospek masa depan yang cerah. Namun, untuk bisa mendalami pemrograman, orang harus terlebih dahulu mengerti tentang algoritma, yang sayangnya bukan hal mudah untuk dipahami. Karena alasan itulah, dicoba dibangun sebuah aplikasi yang mencoba menerapkan multimedia dalam pembelajaran dasar-dasar algoritma dan pemrograman dalam bentuk teks, gambar, suara, serta animasi. Algoritma dan pemrograman, yang biasanya dipandang kompleks ditampilkan dalam gambaran animasi sederhana yang diharapkan dapat memberikan gambaran kepada penggunanya. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Macromedia Flash 8, Adobe Photoshop CS 3, dan Audio Edit Magic dalam pembuatannya. Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan metode kuisioner kepada 30 orang yang terdiri dari orang-orang yang belum pernah tetapi ingin mempelajari pemrograman, dan orang-orang yang sudah pernah belajar tentang pemrograman. Hasil dari kuisioner menyatakan bahwa penggunaan efek suara, animasi, narasi suara, navigasi mayoritas mengatakan baik. Untuk kriteria penggunaan warna dan kemudahan penggunaan aplikasi TaGorman bahkan dinyatakan dalam kategori sangat baik. Dari pihak belum pernah mempelajari pemrograman maupun yang sudah, keduanya menyatakan bahwa aplikasi ini lebih mudah digunakan dan lebih efektif daripada belajar menggunakan buku/metode biasanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia, algoritma dan pemrograman, pembelajaran, animasi
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jul 2013 08:27
Last Modified: 16 Jul 2013 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item