KELAYAKAN JALUR PENYEBERANGAN ORANG (STUDI KASUS DEPAN PASAR KRANGGAN KOTA YOGYAKARTA)

Kusumadewi, Fransiska Shinta Paramita (2023) KELAYAKAN JALUR PENYEBERANGAN ORANG (STUDI KASUS DEPAN PASAR KRANGGAN KOTA YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Fransiska Shinta Paramita Kusumadewi)
215118829_Bab 0.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215118829_Bab 1.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215118829_Bab 2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
215118829_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
215118829_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
215118829_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
215118829_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan penyeberang jalan pada tingkat tertentu akan mengakibatkan konflik yang tajam dengan arus kendaraan yang pada gilirannya berakibat tundaan lalu lintas dan tingginya tingkat kecelakaan. Penyediaan prasarana dan sarana bagi pejalan kaki sangat diperlukan untuk meminimalkan konflik antara penyeberang jalan dan kendaraan, memperkecil tundaan lalu lintas, serta memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan. Peningkatan volume kendaraan bermotor dan pejalan kaki di area depan Pasar Kranggan telah menimbulkan konflik langsung antara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki yang menyeberang dalam hal kebutuhan menyeberang jalan. Namun sangat disayangkan, selama ini yang menjadi fokus evaluasi hanya pada peningkatan prasarana transportasi saja dan prasarana bagi pejalan kaki menjadi sangat minim keamanan dan kenyamanannya. Oleh karena itu, penting untuk direncanakan fasilitas jalur penyeberangan pejalan kaki yang akan meminimalisir konflik langsung antara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki yang menyeberang. Perhitungan kelayakan jalur penyeberangan orang menurut Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki dari Kementerian PUPR tahun 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data volume kendaraan, volume penyeberang, inventarisasi ruas jalan. Data sekunder meliputi peta lokasi, data kecelakaan dan survei kinerja lalu lintas. Analisis data meliputi analisis volume kendaraan, volume penyeberang, pemilihan fasilitas penyeberangan, tingkat kecelakaan, perkiraan kebutuhan jalur penyeberangan orang, perancangan pembangunan fasilitas penyeberangan dan durasi lampu pelican crossing. Pada ruas Jalan Pangeran Diponegoro didapatkan volume kendaraan rata-rata dari 2 (dua) hari kerja dan 2 (dua) hari pada akhir pekan, yang terbagi menjadi 3 (tiga) sesi pengamatan yaitu Titik 1 (Pilar Tengah): 2226,78 smp/jam, Titik 2 (Pilar Barat): 2155,95 smp/jam dan Titik 3 (Pilar Timur): 2125,53 smp/jam sehingga pada tahun 2023 belum membutuhkan fasilitas penyeberangan orang berupa jembatan penyeberangan orang. Berdasarkan nilai i real sesuai data di lapangan pada saat penelitian tahun 2023 yaitu 0,079 maka kebutuhan jembatan penyeberangan orang di ruas Jalan Pangeran Diponegoro pada tahun 2034 sedangkan berdasarkan nilai i sesuai MKJI = 4,80 diperoleh kebutuhan akan jembatan penyeberangan orang di ruas Jalan Pangeran Diponegoro pada tahun 2031. Pada ruas Jalan Pangeran Diponegoro dengan mengacu kepada nilai PV2 tertinggi sebesar 18,35 x 108 dan angka kecelakaan tertinggi sebesar 6,92 maka titik yang direkomendasikan untuk pembangunan fasilitas penyeberangan orang adalah Titik 1 (Pilar Tengah) dengan kategori kebutuhan fasilitas penyeberangan orang berupa pelican dengan lapak tunggu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: jalur penyeberangan orang, keselamatan, pejalan kaki, kinerja lalu lintas, pelican crossing
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2023 18:19
Last Modified: 23 Nov 2023 18:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30581

Actions (login required)

View Item View Item