Perubahan Sosial dan Pergeseran Ritual Gawai Nyelapat Tahun (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Suku Dayak Linoh di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat)

Putra, Antonius Mely Dwisa (2023) Perubahan Sosial dan Pergeseran Ritual Gawai Nyelapat Tahun (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Suku Dayak Linoh di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Antonius Mely Dwisa Putra)
171006411_Bab 0.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171006411_Bab 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
171006411_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
171006411_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img]
Preview
Text
171006411_Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gawai Nyelapat Tahun merupakan upacara tahunan yang kerap dilakukan oleh masyarakat suku Dayak Linoh. Upacara ini biasanya dilaksanakan pada akhir tahun ladang (behuma) perkiraan mulai dari akhir April sampai dengan Juli, maka gawai ini dinamakan Gawai Nyelapat Tahun. Inti dari pelaksanaan gawai ini yaitu syukuran atas panen dari hasil ladang (behuma). Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana perubahan sosial dan pergeseran ritual Gawai Nyelapat Tahun pada masyarakat suku Dayak Linoh. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat suku Dayak Linoh di Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan konsep perubahan sosial dan ritual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ritual Gawai Nyelapat Tahun mengalami pergesera, dilihat mulai dari bentuk pelaksanaan, lokasi pelaksanaan, seni budaya, hingga hiburan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mendukung perubahan sosial, sehingga menimbulkan terjadinya pergeseran dalam pemaknaan ritual gawai ini. Faktor-faktor tersebut adalah, perubahan pekerjaan masyarakat, benturan dengan kebudayaan lain, benturan dengan agama, dan sikap yang kurang peduli dari masyarakat suku Dayak Linoh mengenai ritual adat istiadat yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perubahan sosial, pergeseran, ritual, gawai nyelapat tahun.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2023 20:32
Last Modified: 23 Nov 2023 20:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item