ANALISIS EMISI GAS BUANG KENDARAAN RINGAN YANG DIUJI DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA YOGYAKARTA

D, FR. SHINTA PARAMITA K (2009) ANALISIS EMISI GAS BUANG KENDARAAN RINGAN YANG DIUJI DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11937.pdf

Download (249Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11937.pdf

Download (53Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11937.pdf

Download (99Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11937.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11937.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11937.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1240Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS11937.pdf

Download (90Kb)

Abstract

Sejalan dengan pesatmya pembangunan dan jumlah penduduk yang tinggal di Kota Yogyakarta, maka jumlah kendaraan bermotor juga mengalami peningkatan. Dengan semakin meningkatnya kendaraan bermotor yang beroperasi maka akan menyebabkan peningkatan pada konsentrasi pencemarnya sehingga dikhawatirkan membahayakan kesehatan manusia dan mempengaruhi kualitas udara apabila melebihi ambang batas yang ditentukan. Untuk itu perlu diselenggarakan pengujian terhadap kendaraan yang beroperasi di Kota Yogyakarta melalui PKB untuk mengetahui kendaraan tersebut memenuhi syarat teknis dan laik jalan. Penelitian dilakukan pada lokasi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan mengambil 330 data pengujian emisi gas buang kendaraan ringan yang meliputi polutan Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan Karbon (C) untuk mengetahui besar emisi gas buang yang dihasilkan kemudian dibandingkan dengan nilai ambang batas yang diijinkan KepMen Lingkungan Hidup dan untuk mengetahui hubungan antara tahun rakitan kendaraan dengan besarnya kadar polutan yang dihasilkan dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar emisi gas buang kendaraan ringan yang diuji di PKB dengan data tahun rakitan 1976 sampai dengan 2008, yaitu nilai CO tertinggi 3% dengan nilai rata-rata CO tertinggi sebesar 2,4% yang keduanya < 4,5%, nilai HC tertinggi sebesar 600 ppm dengan nilai rata-rata HC tertinggi sebesar 310 ppm yang keduanya < 1200 ppm, dan nilai C tertinggi sebesar 48% dengan nilai rata-rata C tertinggi sebesar 26,7% yang keduanya < 50%. Selain itu, tahun rakitan kendaraan tidak mempengaruhi besarnya kadar emisi gas buang kendaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: emisi, polutan, CO, HC, C, kendaraan ringan, PKB
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Jul 2013 09:45
Last Modified: 16 Jul 2013 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item