Tingkat Kredibilitas dan Daya Tarik Keanu Agl sebagai Brand Ambassador Pantene Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Viewers Iklan Pantene Indonesia x Keanu Agl)

SETIADI, DEVINA KARSTEN (2023) Tingkat Kredibilitas dan Daya Tarik Keanu Agl sebagai Brand Ambassador Pantene Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Viewers Iklan Pantene Indonesia x Keanu Agl). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DEVINA KARSTEN SETIADI)
190906930 - 0.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906930 - 1.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906930 - 2.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
190906930 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
190906930 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kredibilitas dan daya tarik Keanu Agl sebagai brand ambassador Pantene Indonesia menurut viewers video iklan Pantene Indonesia x Keanu Agl. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan penilaian antara responden pria dan wanita terhadap Keanu Agl sebagai brand ambassador Pantene Indonesia. Dengan menggunakan VisCAP (Visibility, Credibility, Attractiveness and Power) mengukur tingkat kredibilitas (credibility) dan daya tarik (attractiveness) pada brand ambassador berdasarkan penilaian viewers video iklan Pantene Indonesia x Keanu Agl. Dari hasil survei online yang dilakukan, penelitian ini menemukan bahwa penilaian pada tingkat kredibilitas Keanu Agl sebagai brand ambassador berada pada nilai tengah sebesar 3,534. Nilai tengah juga didapatkan pada tingkat daya tarik Keanu Agl sebesar 3,181. Berdasarkan hasil statistik penilaian tersebut, menunjukkan bahwa responden tidak memiliki keyakinan terhadap sisi kredibilitas maupun daya tarik Keanu Agl sebagai brand ambassador. Yang artinya, Keanu Agl belum menunjukkan tingkat kredibilitas dan daya tarik yang tinggi maupun rendah sebagai brand ambassador. Hal ini seharusnya menjadi pertimbangan besar bagi Pantene dalam proses memilih brand ambassador. Penelitian ini juga menemukan bahwa jenis kelamin tidak menentukan perbedaan penilaian yang signifikan terhadap tingkat kredibilitas dan daya tarik Keanu Agl. Dari hasil penilaian yang diperoleh, penelitian ini menyarankan untuk memilih brand ambassador yang merupakan seorang pengguna produk Pantene (konsumen) dari kalangan selebriti. Saran ini akan lebih dapat menggerakkan konsumen untuk memberikan nilai yang tinggi pada aspek kredibilitas dan daya tarik terhadap brand ambassador Pantene tersebut. Keanu Agl pun bukan merupakan sosok yang dikenal melalui produk kosmetik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand ambassador, kredibilitas, daya tarik, jenis kelamin, viewers
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 20:05
Last Modified: 30 Nov 2023 20:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item View Item