PENGARUH KUALITAS KONTEN INSTAGRAM @VENTELASHOES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND LOKAL VENTELA PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @VENTELASHOES

ANGGRAENI, YOHANA RENI (2023) PENGARUH KUALITAS KONTEN INSTAGRAM @VENTELASHOES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND LOKAL VENTELA PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @VENTELASHOES. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOHANA RENI ANGGRAENI)
190906984 - 0.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906984 - 1.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906984 - 2.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
190906984 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
190906984 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era digital, media sosial menjadi hal yang umum bagi sebagian besar masyarakat. Penggunaan media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berbisnis. Kualitas konten dalam sebuah media sosial menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan, karena kualitas konten dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Semakin menarik sebuah konten, maka masyarakat akan semakin tertarik dengan perusahaan dan produk tersebut yang akhirnya menciptakan keputusan pembelian. Salah satu brand lokal Indonesia yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran adalah sepatu dengan merek Ventela yang merupakan sepatu produk asli buatan lokal asal Bandung yang kini sudah dikenal masyarakat luas wilayah Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kualitas konten Instagram terhadap keputusan pembelian pada followers akun Instagram @ventelahoes dengan menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Dalam penelitian ini, teori AIDA digunakan sebagai instrumen variabel Y yang berfungsi memetakan tahapan perilaku yang dilalui oleh konsumen (followers) mulai dari attention, intereset, desire, hingga akhirnya action. Sedangkan untuk kualitas kontennya menggunakan lima indikator diantaranya educate, inform, connect, entertains, create trustworthiness. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei dengan 100 responden sebagai sampel. Setelah mendapatkan data dari 100 responden, analisis dilakukan oleh penulis dengan menggunakan SPPS 26 mulai dari tahapan pengujian validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, hingga uji regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh kualitas konten Instagram @ventelashoes terhadap keputusan pembelian para followers-nya. Hasil penelitian ini, menunjukan kualitas konten mampu memengaruhi keputusan pembelian pada followers akun Instagram @ventelashoes, dimana keputusan pembelian ini merupakan hasil dari tahapan model AIDA, mulai dari attention hingga terjadinya action. Berdasarkan hasil analisis dan olah data dapat disebutkan bahwa konten Instagram @ventelashoes mampu berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 14% dengan sisa 86% keputusan pembelian disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten, Keputusan Pembelian, Model AIDA, Instagram
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 23:11
Last Modified: 30 Nov 2023 23:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item