STRATEGI BRAND POSITIONING KLINIK KOPI SEBAGAI “RUMAH KONSULTASI & EDUKASI KOPI” DI YOGYAKARTA

STEFANUS, CALVIN (2023) STRATEGI BRAND POSITIONING KLINIK KOPI SEBAGAI “RUMAH KONSULTASI & EDUKASI KOPI” DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (CALVIN STEFANUS)
190907141 - 0.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907141 - 1.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907141 - 2.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
190907141 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190907141 - 4.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi brand positioning yang dimiliki oleh Klinik Kopi sebagai “Rumah Konsultasi & Edukasi Kopi” di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang ditemukan kemudian diolah dengan teknik analisis triangulasi yang berfokus pada triangulasi sumber, teori, dan pakar. Penelitian ini menggunakan teori brand positioning yang dikemukakan oleh Kotler & Keller sebagai teori utama. Kotler & Keller merumuskan bahwa terdapat 4 hal penting dalam proses penyusun strategi brand positioning, yaitu analyzing competitors, points-of-difference (PODs), points-of-parity (POPs), dan brand mantra. Empat hal penting ini yang kemudian digunakan sebagai acuan utama untuk mendeskripsikan strategi brand positioning Klinik Kopi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Klinik Kopi memberikan konsep pelayanan barista storyteller sebagai strategi utama atas brand positioning-nya. Kemudian, Klinik Kopi menggunakan strategi penyediaan pilihan menu espresso-based dan dessert sebagai atribut penyeimbang dalam kategori slow bar coffee shop di Yogyakarta. Terakhir, Klinik Kopi menggunakan strategi brand mantra “artistic coffee-storyteller barista” untuk mengartikulasikan esensi dari hati, jiwa, dan misi Klinik Kopi sebagai brand.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Positioning, Klinik Kopi, Storyteller Barista
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 23:03
Last Modified: 01 Dec 2023 23:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item View Item