PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTAL MATH

Fu, Daniel (2023) PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENTAL MATH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Daniel Fu)
190710344_Bab 0.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710344_Bab 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710344_Bab 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
190710344_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
190710344_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
190710344_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190710344_Bab 6.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Salah satu ilmu dalam matematika yang paling sering digunakan adalah matematika mental (mental math), yaitu teknik perhitungan aritmetika sederhana yang melibatkan perhitungan “di dalam kepala”. Pada masa kini, banyak orang yang bergantung pada media seperti kalkulator dalam melakukan perhitungan. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi untuk pengembangan kemampuan matematika mental yang diintegrasikan dengan teknologi, yaitu melalui pembangunan aplikasi mobile game untuk pengembangan kemampuan matematika mental. Penelitian yang dilakukan oleh penulis berfokus pada pengembangan mobile game berbasis game edukasi untuk pengembangan kemampuan matematika mental menggunakan tools Android Studio. Tahapan penelitian meliputi analisis dan perancangan game, implementasi dan pengujian game, serta testing terhadap pengguna. Tahap analisis dan perancangan game meliputi analisis kebutuhan fungsionalitas, serta perancangan desain interface Tahap implementasi dan pengujian meliputi pengkodean serta pengujian menggunakan metode black box testing. Tahap testing terhadap pengguna menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan respon pengguna terkait dampak penggunaan game yang dibuat oleh penulis terhadap pengembangan kemampuan matematika mental. Hasil penelitian yang disimpulkan melalui survey kepada 35 pengguna menunjukkan hasil yang sangat baik. Pengujian UI/UX dan performa game menunjukkan skor akhir 4,306 dari 5, pengujian tingkat kesulitan game menunjukkan skor akhir 3,72 dari 5, dan pengujian pengaruh game terhadap matematika mental menunjukkan skor akhir 4,421 dari 5.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mental math, mobile game, Android Studio
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Dec 2023 20:44
Last Modified: 04 Dec 2023 20:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30781

Actions (login required)

View Item View Item