PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) UNTUK MENGHITUNG BIAYA SATUAN (UNIT COST) PENDIDIKAN DI SMKN 3 WONOSARI Skripsi

Pujatika, Maria Patricia (2023) PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING (ABC) UNTUK MENGHITUNG BIAYA SATUAN (UNIT COST) PENDIDIKAN DI SMKN 3 WONOSARI Skripsi. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maria Patricia Pujatika)
160422595 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160422595 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160422595 2.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
160422595 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
160422595 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
160422595 5.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Informasi biaya satuan (unit cost) pendidikan merupakan salah satu informasi yang dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan. SMK Negeri 3 Wonosari merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki lima kompetensi keahlian, sehingga terdapat perbedaan aktivitas pembelajaran dan praktik pada setiap kompetensi keahlian dan setiap jenjang kelas yang ada. Hal ini tentunya mengakibatkan perbedaan jumlah dana pendidikan yang diperlukan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya satuan (unit cost) pendidikan per siswa per tingkat per kompetensi keahlian menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) sehingga pembebanan biaya pendidikan setiap siswa lebih sesuai. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah: (1) identifikasi aktivitas, (2) pembebanan biaya ke aktivitas, (3) pembebanan biaya lain ke aktivitas, (4) pembebanan biaya ke aktivitas utama, (5) rekapitulasi biaya aktivitas utama, (6) pengelompokan biaya aktivitas utama dalam activity cost pool, (7) identifikasi cost driver dan perhitungan tarif cost driver, (8) penentuan unit cost pendidikan siswa per tingkat per kompetensi keahlian berdasarkan Activity Based Costing. Hasil perhitungan biaya satuan (unit cost) pendidikan per siswa per tingkat per kompetensi keahlian di SMK Negeri 3 Wonosari pada Tahun Ajaran 2018/2019 untuk setiap tahunnya menggunakan metode Activity Based Costing (ABC), yaitu: Teknik Elektronika Industri untuk kelas X sebesar Rp 6.984.836, kelas XI sebesar Rp 6.832.720, dan kelas XII sebesar Rp 7.487.643. Teknik Audio Video untuk kelas X sebesar Rp 6.671.969, kelas XI sebesar 6.519.872, dan kelas XII sebesar Rp 6.698.682. Teknik Mekatronika kelas X sebesar Rp 8.884.946, kelas XI sebesar 8.843.782, dan kelas XII sebesar 9.465.458. Jasa Boga/Kuliner kelas X sebesar Rp 6.343.894, kelas XI sebesar 6.338.956, dan kelas XII sebesar Rp 6.965.311. Perhotelan kelas X sebesar Rp 7.321.567, kelas XI sebesar Rp 7.280.403, dan kelas XII sebesar Rp 8.100.588. Perhitungan biaya pendidikan ini tentunya lebih besar jika dibandingkan dengan pemberian bantuan biaya pendidikan dari pemerintah yang hanya sebesar Rp 4.200.000 per tahunnya, sehingga diperlukan tambahan biaya pendidikan yang bersumber dari bantuan wali murid berupa biaya komite. Maka, SMK Negeri 3 Wonosari dapat menggunakan metode Activity Based Costing sebagai dasar penentuan biaya pendidikan setiap siswa per jenjang dan kompetensi keahlian yang ada, sebagai dasar pemberian biaya komite dari para wali murid.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: unit cost pendidikan, Activity Based Costing, SMK Negeri 3 Wonosari
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 08 Dec 2023 20:56
Last Modified: 08 Dec 2023 20:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30810

Actions (login required)

View Item View Item