PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENGURANGI STOK PRODUK GUCI PASCA COVID-19 PADA UMKM NAGA SAKTI CERAMIC

Correia, Ivonnia Sanca Alves (2023) PERBAIKAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENGURANGI STOK PRODUK GUCI PASCA COVID-19 PADA UMKM NAGA SAKTI CERAMIC. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ivonnia Sanca Alves Correia)
190610377_Bab 0.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610377_Bab 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610377_Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
190610377_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
190610377_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
190610377_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
190610377_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
190610377_Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
190610377_Bab 8.pdf

Download (942kB) | Preview

Abstract

UMKM Naga Sakti Ceramic merupakan usaha yang bergerak pada industri gerabah yang terfokus dalam pembuatan kerajinan rumah tangga. Terdapat 4 jenis produk gerabah yang dihasilkan oleh usaha ini, yaitu pot, tegel, guci, dan patung. Guci merupakan produk dari usaha ini yang memiliki tingkat penjualan terendah dan menyebabkan jumlah dari produk ini menumpuk pada area penjualan. Kondisi ini akhirnya membuat banyak produk guci yang mengalami penurunan kualitas akibat sudah lama tersimpan dan tidak laku terjual, hal ini memberikan dampak terhadap luas area yang dapat digunakan. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengurangi stok produk guci minimal 30% dari total stok yang ada dengan memperbaiki sistem pemasaran yang ada pada usaha ini. Perbaikan sistem pemasaran pada usaha ini dilakukan dengan menggunakan bantuan analisis SWOT dalam mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dimiliki perusahaan. Proses identifikasi ini dilakukan untuk mendapatkan rumusan strategi yang dapat diterapkan sesuai dengan hasil perhitungan penentuan posisi perusahaan. Adapun hasil perhitungan tersebut didapatkan dari besar nilai IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) yang dievaluasi melalui matriks IE (Internal External). Hasil dari penentuan strategi yang sesuai dengan posisi perusahaan kemudian diterapkan menggunakan bantuan dari metode marketing mix 4P dalam proses perancangan dan implementasi strategi pemasaran. Terdapat 2 jenis strategi yang dapat diterapkan berdasarkan hasil penentuan posisi perusahaan, namun penelitian ini lebih berfokus pada strategi market penetration sesuai dengan masalah yang dikaji. Adapun alternatif strategi yang digunakan dalam menurunkan stok produk guci adalah memanfaatkan keberagaman variasi produk dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui media sosial. Adanya kondisi penurunan kualitas yang dialami setiap produk guci secara umum tidak menurunkan minat pelanggan akan produk tersebut. Hal ini dibuktikan pada hasil implementasi yang dapat menurunkan stok produk guci sebesar 57%. Selama proses implementasi dilakukan terdapat 35 unit produk guci yang berhasil terjual dengan kondisi penjualan yang didominasi oleh produk guci dengan tinggi di bawah 100 cm. Kondisi penurunan stok ini kemudian memberikan dampak pada area penjualan yang menjadi lebih luas dan membuat penataan produk gerabah lainnya menjadi lebih rapi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemasaran, Analisis SWOT, Marketing Mix 4P, Market Penetration, Penurunan Kualitas.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Dec 2023 17:55
Last Modified: 18 Dec 2023 17:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30888

Actions (login required)

View Item View Item